Rabu, 17 April 2024

Daop Surabaya Imbau Masyarakat Tidak Ngabuburit di Sekitar Jalur KA

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Petugas KAI Daop 8 Surabaya bersama komunitas Railfans membentangkan poster imbauan tidak beraktivitas di sekitar jalur kereta api, di perlintasan Jalan Banda, Surabaya, Jumat (7/4/2023). Foto: Antara

PT KAI Daop 8 Surabaya menggandeng komunitas Railfans mengimbau masyarakat untuk tidak ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa di sekitar jalur kereta api (KA) guna meminimalisasi kecelakaan di perlintasan sebidang.

Luqman Arif Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut difokuskan untuk menjaga keselamatan perjalanan KA dari aktivitas masyarakat yang masih melakukan kegiatan di sekitaran jalur KA dan kesadaran dalam berlalu lintas.

“Terutama pada waktu bulan Ramadan, masih ditemui masyarakat yang melakukan ngabuburit di jalur KA maupun pengendara yang buru-buru saat akan melintasi perlintasan sebidang,” katanya.

Melansir dari Antara, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, Daop 8 dan Komunitas Railfans memberikan imbauan sosialisasi, menegur, dan mengingatkan kepada masyarakat dan pengendara yang akan melintasi maupun beraktivitas di jalur KA.

“Diharapkan masyarakat dapat ikut berperan dalam menjaga // perjalanan,” ucapnya.

Luqman Arif menjelaskan, cara penyampaian pesan dilakukan dengan membawa sebuah poster yang berisi materi dilarang beraktivitas di atas rel, dilarang membuang sampah maupun menaruh barang pada jalur kereta api, larangan pelemparan terhadap KA, dan patuhi rambu lalu lintas saat akan melewati jalur KA.

“Kami harap dengan seringnya kegiatan sosialisasi ini masyarakat semakin sadar tentang bahaya dalam melakukan aktivitas di sekitar jalur KA. Selain membahayakan diri sendiri, juga membahayakan perjalanan KA,” ujar Luqman Arif.

Sementara itu, Okupansi pemesanan tiket  kereta api jarak jauh (KAJJ) pada masa Angkutan Lebaran 1444 H dengan keberangkatan dari Daop 8 Surabaya telah terjual 401.400 tiket atau sekitar 64 persen, per hari ini, Jumat (7/4/2023).

Menurut dirinya, adapun perjalanan KA yang masuk lima Besar dalam okupansi yang telah dipesan masih sama, yaitu KA Airlangga relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP, KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng – Kiaracondong PP, KA Sritanjung relasi Surabaya Gubeng tujuan Ketapang dan Lempuyangan PP, KA Gumarang relasi Surabaya Pasarturi – Pasarsenen PP dan KA Matarmaja relasi Malang – Pasarsenen PP.

“Sesuai data terbaru, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan di antaranya pada 20 April 2023 sebanyak 94 persen, 19 April 2023 mencapai 82 persen dan 21 April 2023 sebesar 72 persen,” ujarnya.

Selama masa Angkutan Lebaran Tahun 2023, setiap hari pihaknya menyediakan 27.510 tiket jarak jauh, yang terdiri dari 21.900 tiket KA reguler dan 5.610 KA tambahan.

“Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan,” tuturnya.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 17 April 2024
28o
Kurs