Jumat, 14 Juni 2024

Jelang Angkutan Lebaran, KAI Daop 8 Surabaya Lakukan Perawatan Jalur Rel

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sejumlah petugas melakukan perawatan dan pengecekan jalur lintas kereta api di Surabaya. Foto: Antara

PT KAI Daop 8 Surabaya melakukan perawatan jalur kereta api untuk menjamin keselamatan, keamanan, dan kenyamanan para penumpang jelang momen angkutan Lebaran Tahun 2023.

Luqman Arif Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, perawatan tersebut meliputi panjang lintas sejauh 530.168 km dan melintasi 11 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

“Daop 8 melaksanakan pemantauan dan perawatan kondisi jalur KA, untuk memastikan semuanya aman dan secara berkala sesuai program untuk memastikan kondisi layak standar operasional berdasarkan ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga meyakinkan bahwa sekitar jalur tersebut aman dari potensi gangguan perjalanan KA.

“Pemeriksaan dan perawatan jalur KA ini dilakukan secara rutin dan sesuai program. Para petugas akan memastikan jalur benar-benar baik, lebar jalur sesuai, kondisi bantalan dan jembatan, serta penempatan Alat Material Untuk Siaga (AMUS),” ujarnya.

Luqman menjelaskan, perawatan rutin yang dilakukan oleh pekerja diantaranya mengukur lebar jalur, menempatkan kembali batu ballast, serta pengukuran geometri jalan rel.

“Perawatan jalur di wilayah Daop 8 Surabaya akan terus dilakukan para petugas untuk memastikan bahwa jalur tersebut aman saat dilintasi KA,” katanya.

Melansir dari Antara, kegiatan pemeriksaan lintas tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan jajaran Daop 8 dari berbagai aspek, mulai dari sarana, prasarana hingga para personil di lapangan untuk memberikan pelayanan sebaik mungkin kepada pelanggan pada masa angkutan Lebaran 2023.

Daop 8 Surabaya menyediakan sebanyak 584.768 tiket selama masa Angkutan Lebaran 2023 atau dalam seharinya menyediakan sebanyak 27.510 tempat duduk.

Menurut catatan dari data sementara, tanggal keberangkatan KA yang menjadi favorit dipesan diantaranya pada  20 April 2023 sebanyak 77 persen, 21 April 2023 sebanyak 56 persen sedangkan 19 April 2023 47 persen.

“Untuk tanggal pemesanan tiket KA setelah hari Lebaran, yang menjadi favorit pada 26 April 2023 sebanyak 83 persen, 25 April 2023 sebanyak 74 persen kemudian 1 Mei 2023 sebanyak 65 persen,” katanya.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs