Sabtu, 27 April 2024

Dewan Da’wah Islamiyah Jawa Timur Bagikan Bingkisan pada Puluhan Driver Ojol Perempuan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Para driver ojol tengah memasangkan bingkisan yang didapatnya dari Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Provinsi Jawa Timur bidang Kemuslimatan dan Bina Keluarga dan Laznas Dewan Da'wah Jawa Timur di sepeda motor mereka, Surabaya, Jumat (14/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Jawa Timur (Jatim) membagikan bingkisan kepada puluhan driver ojek online (ojol) perempuan di Graha Al-Barqy, Gayungan, Surabaya, pada Jumat (14/4/2023).

Pembagian bingkisan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam kajian yang bertajuk ‘Ramadan Ceria, Indahnya Berbagi Bersama Ojek Online’.

Arifah Ketua Muslimah Dewan Da’wah Jawa Timur menyampaikan bahwa kajian yang termasuk dalam berbagi bingkisan tersebut, merupakan program awal untuk menyediakan pembinaan keagamaan bagi para driver ojol perempuan.

“tidak hanya sesaat ini saja, tetapi nanti akan ada pertemuan-pertemuan berkala. Kita juga memfasilitasi bagaimana kita nanti akan menyehatkan rohaninya,” ucap Arifah.

Dirinya menyebut tujuan mengadakan pembinaan pada para driver ojol perempuan yang kebanyakan adalah ibu rumah tangga, yakni untuk memberikan wadah dan edukasi bagi mereka.

“Sebagai sesama muslimah ya, kita beri penguatan aqidah. Mereka ini bekerja penuh tantangan, mereka juga kan membantu pendapatan suami kemudian bagaimana supaya dapur ini tetap ngebul, tetapi mereka juga harus kita cerdaskan, maka dari itu kita memfasilitasi,” tuturnya.

Arifah juga menambahkan, bahwa pembinaan tersebut juga bisa digunakan sebagai tempat untuk konseling terkait keluh kesah yang mereka rasakan.

“Disamping jasmani nya yang kita bagikan (pemberian bingkisan), juga rohani kita pedulikan. Ternyata mereka ini juga penuh dengan keluh kesah tentang bagaimana perumahtanggaan, jadi sekaligus kita membuka konseling, artinya biar mereka ga salah sasaran mau curhat ke mana. Menjadikan satu wadah bagaimana kita merangkul agar mereka tidak kemana-mana,” jelasnya.

Sedangkan Yuniawati selaku koordinator para driver ojol dari komunitas Wanita Tangguh Surabaya, sangat senang dan berterimakasih sekali atas perhatian yang diberikan oleh Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Jatim melalui bidang Kemuslimatan dan Bina Keluarga dan Laznas Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Provinsi Jatim.

Ia menjelaskan, bahwa para driver ojol yang diundang merupakan sebagian dari komunitas Wanita Tangguh Surabaya. Tetapi dia juga tetap berkoordinasi dan mengajak para driver ojol lain yang tak tergabung dalam komunitas untuk bisa hadir dalam kajian tersebut.

Para driver ojol yang hadir sangat berterimakasih karena telah diberi ilmu sekaligus bantuan berupa bingkisan yang dapat digunakan untuk Lebaran nanti, tutur Yuniawati.

“Ke depannya akan ada kerja sama juga, seperti mengaji dan sebagainya. Kita semua ojol perempuan mengucapkan banyak-banyak terimakasih,” tandasnya.(abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs