Rabu, 29 Mei 2024

Dharma Wanita KBRI Tokyo Gelar Pertemuan Internasional dengan Nuasa Tenun Nusantara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Para peserta kompak mengenakan tenun khas Nusantara saat General Meeting – International Ladies Benevoent Society (ILBS) yang digelar KBRI Tokyo di Wisma Duta, Jepang, Selasa (5/4/2023). Foto: KBRI Tokyo

Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo menjadi tuan rumah General Meeting – International Ladies Benevoent Society (ILBS), di Wisma Duta Tokyo, Jepang pada Selasa, 4 April 2023.

ILBS yang beranggotakan istri duta besar di Jepang dan istri kalangan politik dan bisnis Negeri Sakura itu memberikan amal, dukungan kegiatan dan kontribusi sosial baik di dalam maupun di luar Jepang.

Belum lama ini, ILBS telah memberikan sumbangan untuk korban gempa di Cianjur, Indonesia senilai 1 Juta Yen (atau setara dengan Rp113 Juta).

Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dalam sambutannya memastikan pentingnya kolaborasi semua pihak di tengah masa pemulihan ekonomi pasca pandemi.

“Dukungan penuh saya berikan untuk kegiatan-kegiatan positif dari ILBS, harapan saya ini makin memperkuat hubungan people-to-people Indonesia dan Jepang. Kerja sama dan kolaborasi seluruh pihak menjadi penting untuk pemulihan ekonomi dan sosial yang inklusif. Selamat melakukan General Meeting sembari menikmati keindahan bunga Sakura,” ujar  Heri dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (5/4/2023).

Sementara Nuning Akhmadi Ketua DWP KBRI Tokyo menjelaskan kalau pihaknya senantiasa berupaya maksimal menjalin kerja sama dengan ILBS dan berbagai pihak dalam pemulihan ekonomi bersama.

“Setiap kami gelar berbagai kegiatan selalu kami perkenalkan produk dan budaya Indonesia. Hal ini penting dilakukan. Termasuk dalam hal ini menjembatani dengan pelaku usaha dan pengrajin di Indonesia,” kata Nuning.

Sementara itu, Merle Akio Okawara Presiden ILBS memberikan apresiasi kepada Ketua DWP KBRI Tokyo atas kerja sama erat dengan ILBS dalam penyelenggaan kegiatan ini.

Merle Akio bersama tamu undangan lain juga tampak antusias dengan tampilan produk-produk tekstil Indonesia selama berlangsungnya acara. Mereka juga berkesempatan mencoba mengenakan kain tenun koleksi Nuning Akhmadi.

Para tamu undangan juga dihibur dengan persembahan Tarian Gondang Sirahut Soban dari Sumatera Utara yang dibawakan oleh Dewi Miyashita dan Sutini dari Grup Nusantara Indonesia Culture. Para tamu dengan mengenakan Kain Ulos Batak menari bersama dengan diiringi Lagu Sinanggartulo. (bil/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
32o
Kurs