Kamis, 16 Mei 2024

Dinas Pendidikan Jatim dan PMI Hidupkan Kembali Palang Merah Remaja

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Aries Agung Paewai Kepala Dinas Pendidikan Jatim dan Imam Utomo Ketua PMI Jatim menunjukkan kerja sama antara kedua pihak untuk membangkitkan PMR. Foto: Dinas Pendidikan Jatim

Dinas Pendidikan Jawa Timur menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) provinsi setempat untuk menghidupkan kembali Palang Merah Remaja yang mati suri di lingkungan sekolah.

Aries Agung Paewai Kepala Dinas Pendidikan Jatim dalam keterangan di Surabaya, Sabtu (16/12/2023), mengatakan komunitas PMR selama ini hampir mati suri di setiap sekolah.

“Kami mau menghidupkan kembali jiwa kemanusiaan kepemimpinan sehingga mereka bergerak membantu bersama menghidupkan sosial mereka dengan kegiatan palang merah karena tidak punya tendensi apa pun selain kemanusiaan,” ujarnya, seperti dilansir Antara.

Dengan berbekal jiwa sosial yang sudah tertanam sejak dini, saat dewasa para siswa yang tergabung dalam organisasi PMR akan memberikan dampak baik bagi lingkungan masyarakat dan lingkungan sosial lainnya.

“Kerja sama dilaksanakan sejak nota kesepahaman ditanda tangani. Jadi tiap sekolah harus memiliki PMR. Penguatan ini agar mereka betul-betul memberikan dampak positif bagi lingkungan,” ucapnya.

Bahrun Kepala SMKN 6 Surabaya menyambut baik upaya menghidupkan kembali PMR. Menurut dia, kerja sama yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan Jatim ini akan memperkuat komunitas PMR yang sudah terbentuk sejak lama di sekolah.

“Dengan kerja sama ini nantinya bisa lebih banyak pelatihan-pelatihan tentang PMR dan diberikan keterampilan khusus, serta dibekali penanganan yang lebih intensif sehingga bisa dijalankan dengan baik,” katanya.

Menurutnya dia, peran PMR sangat vital dalam struktur keorganisasian sekolah karena memiliki keahlian pertolongan pertama pada saat kegiatan upacara atau kegiatan lain di sekolah.

“Kami sudah mengikuti berbagai lomba-lomba PMR. Karena pengalaman ini memang sangat dibutuhkan, terutama bagaimana menangani ada siswa mengalami pingsan atau sakit. PMR sangat sigap. Proses evakuasi mereka juga menguasai,” ucapnya.

Pihaknya telah bekerja sama dengan PMI Surabaya untuk pelatihan dasar penanganan pertama saat ada permasalahan kesehatan siswa. Total anggota PMR di sekolahnya pun minimal berjumlah 20 siswa.(ant/iss)

Bagikan
Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
24o
Kurs