Jumat, 19 April 2024

Dirut Bulog Akui Kondisi Beras di Gudang Hampir Kosong

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi - Pekerja memeriksa stok beras di gudang Bulog Sub divre Indramayu, Jawa Barat. Foto: Antara

Budi Waseso Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog mengatakan kondisi pasokan cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang Bulog saat ini hampir kosong.

“Kalau dibilang kosong dengan jumlah kekuatan simpan Bulog 3,6 juta ya kosong, tapi kan sesuai dengan kebutuhan. Bulog tidak bisa ngisi banyak banyak karena harus ada perintah dari negara,” ujar Buwas sapaan akrabnya di kawasan Jakarta Utara, Kamis (6/4/2023) dikutip Antara.

Adapun kata Buwas per hari ini stok beras CBP dan komersil di gudang Bulog, ada di atas 300.000 ton dengan kondisi dinamis.

“Stok ini kan dinamis. stok per hari ini di atas 30.000. Ini memang dikurangi 200 ribu, tapi kan penyerapan jalan terus, jadi per hari ini di atas 300.000,” ujar Awaluddin Iqbal Sekretaris Perusahaan Perum Bulog.

Meski demikian, penyerapan beras petani dalam negeri akan terus dilakukan. Bahkan, hingga saat ini Bulog telah menyerap sebanyak 130.000 ton dan diperkirakan akan terus bertambah.

Penyerapan kita sudah mengalami peningkatan per hari kemarin sudah 130.000 dan ini terus bertambah. dari kemarin Sekitar an 230.000 ini sudah nambah cukup banyak,” papar Mokhamad Suyamto Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik Perum Bulog.

Adapun hari ini, Bulog mulai menyalurkan program bantuan sosial beras sebanyak 10 kilogram per keluarga penerima manfaat (KPM) yang digelar serentak ke seluruh wilayah Indonesia. Pada peluncuran ini, bansos beras diberikan selama tiga bulan untuk 21,3 juta KPM.

Per bulannya Bulog menyalurkan sebanyak 213.530 ton beras untuk program bansos beras selama bulan Maret, April dan Mei atau total tiga bulan dengan jumlah total beras yang didistribusikan mencapai 640.590 ton. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
28o
Kurs