Senin, 17 Juni 2024

Dishub Sidoarjo Mulai Uji Coba Pengaktifan Traffic Light di Frontage Juanda-Puri Surya Jaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Proyek pembangunan infrastruktur di antaranya Frontage Road di Kabupaten Sidoarjo dikerjakan saat kepemimpinan Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo. Foto: Diskominfo Sidoarjo

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sidoarjo, Senin (3/4/2023) hari ini, melakukan uji coba pengaktifan traffic light di sepanjang Frontage Sidoarjo jalur Juanda sampai Puri Surya Jaya.

Dwi Tjahjo Mardisunu Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishub Sidoarjo mengatakan, uji coba tersebut akan dipantau selama satu minggu sebelum nantinya dievaluasi.

“Untuk hari ini dua titik, di simpang empat Gedangan dan di Puri Surya Jaya yang diuji coba untuk diaktifkan. Untuk di titik Seruni dan Tebel masih belum. Baru dianggarkan untuk tahun ini,” jelas Mardisunu kepada Radio Suara Surabaya.

Dia menjelaskan kalau uji coba pengaktifan akan disusul dengan pemasangan rambu lalu lintas, pada Selasa (4/4/2023) besok. Selama itu koordinasi akan dilakukan dengan kepolisian untuk mengatur kepadatan di frontage.

Mardisunu mengatakan, selama ini di frontage di Timur jalan utama Sidoarjo itu banyak dipakai pengguna jalan melintas dari arah Selatan ke Utara. Padahal, jalan ini diperuntukan untuk arah sebaliknya.

“Karena frontage ini kan sebenarnya satu jalur (mengarah ke Selatan), tapi kendaraan mengarah ke Utara juga sering lewat situ. Sehingga sering ada crowded, terutama di titik simpang empat Gedangan saat di palang pintu kereta,” jelasnya.

Untuk itu Dishub Sidoarjo mengimbau agar para pengguna jalan dari Sidoarjo mengarah ke Utara tidak lagi menggunakan akses jalan frontage.

“Sekaligus dengan dipasangnya rambu-rambu besok tidak ada lagi yang lawan arah,” tuturnya.

Sebagai informasi, proyek pembangunan frontage tersebut dimaksudkan untuk mengurai kemacetan, khususnya di kawasan Gedangan Sidoarjo. Frontage yang membentang dari Kecamtan Gedangan-Buduran Sidoarjo itu, ditargetkan selesai seluruhnya tahun ini. (bil/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
27o
Kurs