Minggu, 28 April 2024

Dispendik Surabaya Imbau Pelajar Kurangi Aktivitas di Luar Rumah Dua Hari Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yusuf Masruh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya telah mengimbau seluruh orang tua memastikan putra-putrinya mengurangi aktivitas di luar rumah, selama dua hari ini.

Yusuf Masruh Kepala Dispendik Kota Surabaya mengatakan, imbauan itu terutama berkaitan adanya giat salah satu perguruan silat pada Jumat dan Sabtu (28-29/7/2023).

“Anak-anak diingatkan kebiasaan positif untuk segera pulang seperti biasanya langsung, yang punya pekerjaan, sama tugas, sama temen hari ini mungkin diundurlah untuk langsung bisa ke rumah,” kata Yusuf saat mengudara di Radio Suara Surabaya, Jumat.

Selain itu, orang tua juga diminta mengawasi penggunaan sosial media anak, untuk menghindari ajakan konvoi dari pihak-pihak tak bertanggung jawab.

Dia juga minta agar seluruh SD/SMP sederajat di wilayah Surabaya, jika memungkinkan meniadakan kegiatan di sekolah pada Hari Sabtu.

“Kalau Sabtu itu kan saat ini Surabaya, sekolah arek Surabaya itu kan kegiatan-kegiatan yang akademis sudah selesai Sabtu itu libur kan biasanya. Ini yang kegiatan-kegiatan yang tidak wajib akademis, harapan kami memang bisa menyesuaikan,” jelasnya.

Dispendik juga sudah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya seperti Satpol PP hingga Kepolisian dalam hal ini Bhabinkamtibmas, mensosialisasikan kepada pada wali murid.

“Kami arahkan untuk selalu berkoordinasi dengan orang tua, wali kelas anak-anak ini untuk saling mengingatkan ini untuk hari ini saja ini untuk pembiasan positif yang menjadi rutin. Kalau perlu diabsen nanti ke orang tuanya, ya,” ungkapnya.

Meski demikian, Yusuf berharap agar kegiatan positif tidak hanya dilakukan selama dua hari ini saja. Para pemuda-pemudi, khususnya yang berstatus pelajar kedepan bisa memanfaatkan tempat-tempat seperti Balai RW di lingkungannya untuk berkegiatan positif.

“Untuk rutinitas sehari-hari kalau pulang sekolah harapan kami segera langsung pulang. Kegiatan positif di lingkungan rumah masing-masing, kita siapkan balai RW, kegiatan karang taruna harapan kami jadi yang positif untuk anak-anak,” pungkasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs