Jumat, 3 Mei 2024

Dispendik Surabaya Mulai Bagikan 11.000 Seragam Gratis Untuk Siswa Kurang Mampu

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Yusuf Masruh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya mulai membagikan 11.000-an seragam gratis untuk siswa yang tergolong keluarga pra maupun kurang mampu.

Yusuf Masruh Kepala Dispendik Kota Surabaya menyebut, tahun ini ada sekitar 11 ribu penerima yang merupakan siswa baru dari jenjang SD dan SMP.

“Jadi gamis (keluarga miskin/kurang mampu) dan pra gamis (SD/MI) sekitar empat ribu. Terus kalau yang SMP/MTS sekitar tujuh ribu,” jelas Yusuf, Kamis (27/7/2023).

Adapun bagi siswi yang memakai gamis maupun tidak, kata Yusuf, dibebaskan membeli seragam di luar sekolah ataupun di koperasi sekolah. “Bebas. Gak saling memberatkan,” imbuhnya.

Kata Yusuf, kebijakan ini untuk menghindari terjadinya penyalahgunaan wewenang koperasi sekolah menjual seragam dengan harga mahal, seperti temuan di salah satu SMA di Tulungagung.

“(Sejauh ini tidak ada laporan di Surabaya). Harapan saya enggak. Semua bisa menerima,” jelasnya.

Dikatakannya kalau sampai ada temuan serupa di jenjang SD dan SMP di Surabaya, Yusuf janji langsung mengevaluasi.

“Pasti dievaluasi, apalagi teman-teman sekolah negeri. Saat ini kepala sekolah saya ingatkan terus jangan saling memberatkan,” imbuhnya.

Sekedar diketahui, 2021 lalu, ada 46.000 siswa SD-SMP tidak mampu yang mendapatkan seragam gratis. Di Tahun berikutnya, juga jumlahnya hampir sama. Jumlah itu lebih banyak dibanding tahun ini karena bukan hanya siswa baru yang menerima. (lta/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs