Kamis, 2 Mei 2024

DLH Pamekasan Selidiki Penyebab Fenomena Air Sungai Semajid Berwarna Merah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
DAM (Waduk Klampar) ) Kec. Proppo Pamekasan berwana merah. Foto: karimata.net

Warna air Sungai Semajid di Kabupaten Pamekasan, Pulau Madura, Jawa Timur (Jatim) berubah warna menjadi merah pekat, pada Senin (10/07/2023) pagi.

Devi Arifatin Staf Pengaduan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pamekasan mengatakan, Waduk Klampar merupakan titik awal berubahnya air di Kota Pamekasan menjadi merah.

“Kami menelusuri dari Jalan Brawijaya Pamekasan kemudian kita telusuri ke Hulunya di DAM Klampar ini,” kata Devi, berdasarkan informasi yang diperoleh suarasurabaya.net melalui reporter karimata.net, Senin.

Namun, lanjut Devi, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan secara detail soal penyebab air sungai itu bisa berubah menjadi warna merah.

“Kalau dugaannya belum tau, karena kami masih akan melakukan uji Laboratorium terlebih dahulu zat apa saja yang ada di dalam air tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Supriyadi warga Klampar Proppo Pamekasan menyampaikan, perubahan air menjadi merah di DAM Klampar Pamekasan sudah terjadi sejak, Minggu (09/7/2023) siang.

“Ini sudah kemarin, tapi apakah air ini dari batik atau tidak kurang tau, karena sebelumnya tidak pernah seperti ini,” katanya.

Sekitar 100 Meter dari DAM Klampar Proppo Pamekasan, aliran air menuju DAM terlihat jernih, hanya saja dari DAM Klampar air berubah menjadi merah, yang kemudian mengalir ke Kota Pamekasan. (zyd/fra)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs