Sabtu, 20 April 2024

DLHK Sidoarjo Pastikan Sampah Resepsi Satu Abad NU Terangkut Hari Ini

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Siswa-siswi yang tergabung dalam relawan Pasukan Semut memunguti sampah berserakan di Harlah Satu Abad NU, Selasa (7/2/2023). Foto: Didik suarasurabaya.net

Bahrul Amig Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pemerintah Kabupaten Sidoarjo mengatakan, ada sekitar 500 ton sampah yang terkumpul selama pelaksanaan kegiatan Resepsi Satu Abad NU.

Pihaknya menjamin, jika seluruh sampah kegiatan hari lahir Nahdlatul Ulama (NU) akan terangkut maksimal pada hari Rabu ini.

Sementara untuk sampah yang ada di sejumlah ruas jalan utama di Kabupaten Sidoarjo, sudah selesai diangkut.

Ia mengatakan, sampah yang dihasilkan tersebut tidak langsung diangkut dan dibawa ke tempat pembuangan akhir, tetapi juga dipilah-pilah sebagai upaya mengurangi sampah yang dikirimkan ke tempat pembuangan akhir.

“Pembersihan sampah dilakukan secara terus menerus sejak tanggal 6 Februari hingga pada hari ini,” katanya pada Rabu (8/2/2023), melansir Antara.

Ia mengatakan, pembersihan sampah tersebut dilakukan selama 24 jam yang terbagi dalam tiga sif dan tempat pembuangan akhir juga dibuka selama 24 jam untuk menampung sampah.

“Sejauh ini, sampah di jalan utama sudah tertangani. Tinggal beberapa sampah yang ada di dalam masjid-masjid dan juga dinas-dinas yang digunakan untuk menampung peserta hari lahir NU tersebut,” katanya.

Ia mengatakan, sejauh ini juga tidak ada kendala terkait dengan pembersihan sampah tersebut.

Menurutnya, sampah-sampah tersebut tidak hanya dihasilkan oleh peserta saja, karena juga banyak pedagang dadakan yang mereka juga menghasilkan sampah cukup banyak.

“Kami targetkan pada hari ini seluruh sampah tersebut sudah terangkut semuanya,” ujarnya.

Pihaknya juga terus berkomitmen supaya sampah yang dihasilkan tersebut tidak dipindah tetapi kelola.

“Sampah tidak hanya dikumpulkan, diangkut kemudian ditimbun,” ucapnya.

Disinggung apakah ada kerusakan taman terkait dengan kegiatan tersebut, dirinya mengatakan sejauh ini belum nampak adanya kerusakan taman yang berarti.

“Kalaupun ada, jumlahnya itu sangat kecil. Masih tergolong aman, dan untuk pemulihannya bisa dilakukan dengan cepat,” ucapnya.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs