Minggu, 26 Mei 2024

Dua Orang Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan di Tol Cipali

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Kecelakaan tunggal terjadi di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) saat penerapan rekayasa lalu lintas satu jalur (one way). Insiden itu mengakibatkan dua orang meninggal dunia.

Peristiwa yang melibatkan kendaraan Toyota Calya nomor B-2817-TZG terjadi hari Kamis dini hari (20/4/2023), di Tol Cipali KM 84+500 wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Keterangan dari petugas ASTRA Tol Cipali yang dilaporkan Antara, kecelakaan terjadi waktu mobil nahas itu melintas dari arah Jakarta menuju Cirebon ketika penerapan sistem one way.

Ketika melintasi KM 84, Mobil Calya itu tiba-tiba oleng dan menabrak pagar pembatas (guardrail) yang ada di sekitar lokasi. Sopirnya diduga mengantuk dan kurang antisipasi.

Petugas ASTRA Tol Cipali yang datang ke lokasi melaporkan kejadian itu menyebabkan dua orang meninggal dunia dan enam orang lainnya mengalami luka-luka.

Korban yang luka-luka dievakuasi ke RSUD Ciereng dan Rumah Sakit Hampir Subang. Sedangkan korban yang meninggal duni dibawa ke Rumah Sakit Rayhan Kalijati Subang.

Sementara itu, rekayasa lalu lintas one way dari KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sampai KM 414 Kalikangkung yang dijadwalkan selesai pukul 12.00 WIB masih terus dilanjutkan hingga Kamis malam nanti.

Lisye Octaviana, Corporate Communication & Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dalam keterangannya yang diterima di Purwakarta, Kamis (20/4/2023), menjelaskan penerapan one way berlanjut karena volume kendaraan masih meningkat.

Berdasarkan data volume lalu lintas kendaraan yang masih meningkat dari arah Jakarta menuju ke arah Timur, kata dia, one way yang semula selesai pada hari Kamis pukul 12.00 WIB, atau masih akan terus berlanjut. Hal tersebut dilakukan atas diskresi kepolisian.

Saat ini one way berlaku dari KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama Jalan Tol Jakarta-Cikampek sampai KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang.

Dengan dimulainya titik one way di KM 70 GT Cikampek Utama, pengguna jalan dari Cikampek yang menuju arah Jakarta akan dialihkan ke Kota Bukit Indah untuk masuk kembali ke Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta melalui GT Kalihurip 2.

Perpanjangan rekayasa lalu lintas one way diperkirakan akan berakhir pada hari Kamis pukul 24.00 WIB.

Tapi, kalau pada periode waktu 3 jam sebelum jadwal pengakhiran tersebut masih terdapat peningkatan volume lalu lintas yang signifikan dari Jakarta ke arah timur, dapat dimungkinkan terjadi penyesuaian kembali jadwal pengakhiran rekayasa lalu lintas one way.(ant/iss/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Minggu, 26 Mei 2024
29o
Kurs