Kamis, 18 April 2024

Dubes Bidik 1.000 Pelajar Indonesia Belajar di Polandia pada 2025

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Beata Stoczynska Duta Besar (Dubes) Polandia untuk Indonesia. Foto: Antara

Beata Stoczynska Duta Besar (Dubes) Polandia untuk Indonesia menargetkan seribu pelajar Indonesia bisa menuntut ilmu di Polandia pada 2025.

Dia mengungkapkan Kedutaan Besar Polandia ingin mempererat dan memperluas kerja sama di bidang pendidikan tinggi dengan Indonesia.

“Pendidikan adalah salah satu prioritas (penting) dalam pekerjaan saya,” kata Stoczynska dalam acara Malam Pendidikan, Sains, dan PenelitianRabu (10/5/2023) dilansir Antara.

Beata mengungkapkan sudah ada kursus bahasa Polandia di tiga universitas di Indonesia, yakni Universitas Indonesia, Universitas Atmajaya, dan Universitas Airlangga.

“Guru dari Polandia datang dan mengajar selama satu tahun akademik di sini. Semuanya dibiayai oleh pemerintah Polandia,” kata Beata.

Dia menyebutkan Polandia terbuka melakukan penelitian umum dan pertukaran akademik. Menurutnya, pemerintah Polandia menyediakan program beasiswa Stefan Banach untuk pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan program S2 di Polandia.

Pada kesempatan sama, Profesor Jakub Zajaczkowski dari Universitas Warsawa mengatakan kampusnya bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia.

Menurut Jakub, Universitas Warsawa akan menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, dan Universitas Parahyangan

“Kami akan semakin banyak mengirim pelajar (Polandia) ke Indonesia, dan Polandia juga akan menerima pelajar Indonesia lebih banyak lagi,” kata Jakub.

Dalam tiga tahun terakhir, Indonesia sudah mengirimkan pelajarnya ke Polandia selama satu semester melalui program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Program beasiswa IISMA merupakan bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berada di bawah Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (ant/ihz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
33o
Kurs