Kamis, 2 Mei 2024

Eceng Gondok Membentang Satu Kilometer di Sungai Gedangan Telah Dibersihkan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim bersama Gatot Soebroto Kalaksa BPBD Jatim waktu meninjau pembersihan Sungai Gedangan, Kamis (2/11/2023). Foto: Humas Pemprov Jatim.

Tanaman eceng gondok yang membentang sepanjang satu kilometer di Sungai Avour, Desa Punggul, Kecamatan Gedangan, Sidoarjo, telah dibersihkan petugas gabungan pada Kamis (2/11/2023).

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur (Jatim) turut meninjau kegiatan bersih-bersih sungai tersebut. Ini merupakan sungai ketiga di mana sebelumnya pada Minggu (29/10/2023) dilakukan aksi serupa di Sungai Sinir Waru serta Sungai Sukodono, Sidoarjo.

“Hari ini kita lakukan antisipasi dan mitigasi bersama di sungai yang berpotensi menjadi penghalang mengalirnya air. Sungai yang masih penuh sampah dan eceng gondok kita clean up,” kata Khofifah.

Dalam membersihkan sungai avour tersebut, petugas juga mengerahkan empat eskavator untuk dilakukan pengerukan sedimentasi. Supaya tidak menghambat aliran air sewaktu terjadi hujan deras dan air tidak melupa ke rumah warga.

Lebih lanjut, Khofifah menyampaikan bahwa BMKG memprediksi awal hujan pada minggu ketiga bulan November. Selain itu juga BMKG memperingatkan akan terjadinya hujan dengan intensitas tinggi mulai bulan Februari 2024.

“Ada beberapa titik untuk bisa diantisipasi bersama, dari proses kemarau kering yang cukup panjang kali ini, harus mewaspadai berganti dengan la nina, dan ini agar dilakukan mitigasi bersama,” imbuhnya.

Untuk diketahui, aksi bersih sungai kali ini dilakukan bersama Tim Pemprov Jatim, yang meliputi BPBD Jatim, Dinas PU SDA, Dinas PU Bina Marga, serta Dinas Lingkungan Hidup Jatim. (wld/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
32o
Kurs