Senin, 6 Mei 2024

Erick Thohir Minta BUMN Lebih Waspada dalam Perekrutan Pegawai

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN. Foto: Dok/ Humas Unesa

Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meminta kepada jajaran direksi dan komisaris BUMN memperkuat serta lebih waspada dalam merekrut calon pegawai, sebagai upaya meminimalisasi paham radikal.

“Saya sudah menekankan kepada direksi/komisaris BUMN harus benar-benar waspada menguatkan dari pada rekrutmen pegawai,” katanya di Tangerang, Rabu (16/8/2023) dilansir Antara.

Langkah pengetatan rekrutmen pegawai itu, kata dia, dilakukan pascapenangkapan tersangka dugaan tindak pidana terorisme yang merupakan pegawai PT Kereta Api Indonesia, di Bekasi, Jawa Barat, Senin (14/8/2023) lalu.

Menurutnya, selain proses penerimaan yang akan diperketat, juga pengawasan harus dilakukan. Terutama, pada penyebaran paham radikal melalui lingkungan sekitar.

“Kita ini negara pancasila yang saya rasa harus menghormati. Kita tidak mau negara kita dengan kondisi ekonomi yang bagus malah faktor keamanan tidak bagus, jadi hal yang tidak prinsip,” katanya.

Ia menyampaikan, sejauh ini di Kementerian BUMN RI telah memiliki strategi dalam menanggulangi radikalisme. Strategi yang dimaksud yaitu bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) sebagai pencegahannya.

“Kalau kami di kementerian sudah kerja sama dengan BNPT, bahkan kita juga bekerja sama dengan Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah,” ungkapnya.

Sementara Didiek Hartantyo Direktur Utama PT KAI menanggapi positif apa yang dilakukan Densus 88 Antiteror Polri menangkap oknum pegawainya dengan inisial DE yang merupakan juru lansir, terkait keterlibatan terorisme. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
31o
Kurs