Jumat, 19 April 2024

Ferry Irawan Jalani Masa Orientasi di Lapas Kediri Sebelum Gabung Blok Tahanan Kriminal

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ferry Irawan memakai baju tahanan dan usai menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim, Senin (16/1/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ferry Irawan tersangka Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) terhadap istrinya aktris Venna Melinda masih menjalani masa orientasi di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas 2A Kediri.

M. Arif Hanafi Kepala Lapas Kelas 2A Kediri menyebut, sejak resmi dilimpahkan oleh Penyidik Polda Jatim ke Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Ferry dititipkan ke lapas per Kamis (16/3/2023) pekan lalu.

Ferry langsung menjalani masa orientasi selama tujuh hari dan akan berakhir besok, Rabu (22/3/2023).

“Di sini, walaupun publik figur atau tokoh, pelaksanaan penempatan tahanan itu tetap melalui prosedur di Lapas Kediri. Ketika masuk, ada tempat yang namanya maximum security untuk orientasi tahanan baru selama 7 hari. Namun perlu diketahui, apabila subjektivitas sebagai petugas lapas menilai mereka tidak mengikuti aturan petugas lapas ini mungkin kita bisa tambahkan 7 hari,” terang Hanafi, Selasa (21/3/2023).

Selama masa orientasi, Ferry ditempatkan di kamar ukuran 2×3 meter dengan pengawasan khusus. Ia tidak boleh keluar selain beraktivitas dalam kamar. Bahkan juga tidak diizinkan menerima kunjungan keluarga.

Usai masa orientasinya selesai, sambung Hanafi, Ferry akan digabungkan dengan tahanan lain di blok kriminal.

“Karena ini masuk pada kriminal biasa, tentu di blok yang kriminal bukan di narkoba,” tambahnya.

Ia memastikan tidak akan ada perlakuan spesial pada Ferry.

“Dipastikan nggak ada, di Lapas Kediri nggak ada kamar spesial,” tegasnya.

Selama menjalani orientasi, para petugas menilai Ferry mengikuti prosedur yang ada. Hingga kini, kondisinya pun sehat.

“Dia menambah intensitas ibadahnya yaitu salat. Ada juga teman-teman yang lapor itu salat malam tahajud. Saya bersyukur berarti itu alur pembinaan kita yang mendekati pada suatu kebaikan untuk mereka sendiri. Kondisinya sehat,” tutupnya.

Diketahui Ferry masuk lapas usai pelimpahan tahap II dari penyidik Polda Jatim ke Kejaksaan Negeri Kota Kediri, Kamis (16/3/2023).

Kasusnya pun segera disidangkan di Pengadilan Negeri Kota Kediri secara tertutup dan offline setelah penyusunan surat dakwaan tuntas.(lta/abd/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs