Senin, 29 April 2024

Forum Dekan FK Indonesia Komitmen Jaga Kualitas Pendidikan Dokter

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Budi Santoso Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair). Foto: Unair

Forum Dekan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (FORDEK-AIPKI) berkomitmen menjaga kualitas pendidikan dokter usai pengesahan Undang-Undang (UU) Kesehatan.

Prof. Dr. Budi Santoso Ketua AIPKI sekaligus Dekan FK Universitas Airlangga (Unair) memastikan komitmen untuk mengembangkan pendidikan kedokteran meski belakangan pola itu sedang jadi sorotan.

Pernyataan itu menyikapi Rancangan Undang-Undang (RUU) Kesehatan disahkan menjadi Undang-Undang (UU) oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) masa persidangan V, 11 Juli 2023 lalu. Dan sudah disampaikan dalam pertemuan FORDEK-AIPKI yang terselenggara pada 21-23 Juli 2023 di Banda Aceh.

“Kita sikapi UU Kesehatan yang disahkan DPR terlepas dari pro dan kontranya. Kita sama-sama mengawal dan memastikan sistem pendidikan dokter spesialis, dan sub spesialis tetap berkualitas,” ujar Prof. Bus sapaan akrabnya kepada suarasurabaya.net, Senin (24/7/2023).

Forum yang berisi dekan dari 91 institusi penyelenggara Pendidikan Kedokteran ini juga menyepakati pembentukan kelompok kerja (pokja).

Tujuannya, memberi masukan terhadap rancangan peraturan pemerintah dan menteri, sebagai representasi Asosiasi Institusi Pendidikan Kesehatan.

“Kami akan memastikan agar pendidikan kedokteran di masa mendatang tetap melahirkan dokter berkualitas baik, yang melayani dengan hati dan rasa belas kasih yang tinggi,” terangnya lagi.

Prof. Bus berjanji, FORDEK-AIPKI sebagai wadah penting bagi para dekan dan pemimpin institusi pendidikan kedokteran di seluruh Indonesia akan tetap berperan aktif berbagi pengetahuan, dan berdiskusi mengenai isu-isu kunci dalam bidang pendidikan kedokteran

“AIPKI akan turut berperan aktif dalam mewujudkan pelayanan kesehatan yang berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia,” tukasnya.

Sebagai informasi, titik awal resmi RUU Kesehatan dimulai setelah calon beleid disetujui menjadi RUU Inisiatif DPR 14 Februari 2023. Di tengah perjalanannya hingga disahkan, menuai pro dan kontra kalangan nakes. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs