Sabtu, 27 April 2024

Gedung Baru PPNI Jatim Dukung Peningkatan Kompetensi Perawat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ghra Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Provinsi Jawa Timur. Foto: DPW PPNI Jatim

Nursalam Ketua Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPW PPNI) Jatim menyatakan, adanya Grha baru DPW PPNI Jatim harus dirasakan seluruh lapisan masyarakat, terutama dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Selain itu, juga untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga keperawatan sesuai Perda Provinsi Jawa Timur Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tenaga Keperawatan yang sejalan untuk mensejahterakan para tenaga perawat,” ucapnya dalam keterangan yang diterima pada Minggu (12/3/2023).

Ia menjelaskan, dalam Perda Provinsi Jatim Nomor 12 Tahun 2022 Tentang Tenaga Keperawatan yang ditetapkan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim pada 15 Desember 2022, terutama Pasal 3 menyebutkan tujuan Perda tersebut antara lain, untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme tenaga keperawatan, meningkatkan kegiatan promotif dan preventif dalam penyelenggaraan pelayanan keperawatan, menjamin dan meningkatkan kesejahteraan tenaga keperawatan, serta melindungi masyarakat atas tindakan tenaga keperawatan yang tidak sesuai dengan standar profesi keperawatan.

Oleh karena itu, ia menegaskan, amanah undang-undang tentang peningkatan kompetensi dan profesionalisme perawat harus dicapai, apalagi menurutnya sesuai dengan tagline PPNI pusat yakni menggapai sejahtera dengan profesionalisme.

“Nah, untuk menjadi seorang profesional harus melalui pendidikan berkelanjutan, baik secara formal maupun informal, dan juga ditunjang berbagai regulasi dari pemerintah pusat hingga pemerintah daerah. Termasuk adanya Perda Tentang Tenaga Keperawatan tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, Harif Fadhillah Ketua Umum DPP PPNI menyatakan, dengan diresmikannya gedung baru pada Sabtu (11/3/2023) itu, tenaga perawat diharapkan dapat meningkatkan tugas pelayanan kesehatan masyarakat menjadi lebih baik lagi.

“Semoga dapat memberikan tambahan semangat bagi para pengurus untuk mengurus organisasi profesi PPNI, karena fasilitas yang sudah tersedia. Termasuk untuk lebih fokus dalam pelayanan kesehatan pada anggota maupun masyarakat,” ucapnya.

Ia menambahkan, PPNI Jatim juga diharapkan dapat lebih mudah melakukan koordinasi antar pengurus dan anggota ke depannya.

“Selain itu, juga menambah kepercayaan diri dan prestise dari PPNI khususnya, dan organisasi profesi kesehatan lainnya di Jawa Timur pada umumnya,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan agar PPNI dapat menjalin kerja sama dengan Puskesmas terdekat untuk melangsungkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“Kalau ada kegiatan-kegiatan Puskesmas yang dapat kita kerja samakan dalam arti pelayanan kepada masyarakat, agar gedung ini juga dirasakan keberadaannya oleh masyarakat, maka akan kita lakukan kerja sama itu. Misalnya, ada kegiatan Posbindu yang diadakan setiap minggu, kalau kita pindahkan ke sini, kita support,” jelasnya.

Karena menurutnya, dengan hal itu perawat juga dapat mengaplikasikan ilmu dan dapat bermanfaat bagi sesama, baik masyarakat, pemerintah, maupun untuk para perawat itu sendiri.(ris/abd/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs