Selasa, 30 April 2024

Gelombang Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Dimulai 4 Juli

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Ada 18 kloter dari gelombang pertama dari jemaah haji yang akan kembali ke Indonesia pada 4 Juli 2023 nanti. Foto: Kemenag

Pasca puncak haji telah berakhir. Kini jemaah haji Indonesia mulai dijadwalkan pulang ke tanah air. Jemaah dari embarkasi Batam kloter BTH 1 akan menjadi yang pertama pulang ke Indonesia. Mereka bertolak dari Arab Saudi pada Selelasa (4/7/2023) tengah malam sekitar pukul 00.05.

Rencananya, kepulangan Jemaah haji Indonesia perdana akan melalui Bandara King Abdul Azis Jeddah. Mereka akan disiapkan delapan jam sebelumnya dari hotel tempat pemondokannya di Makkah.

Haryanto Kepala Daerah Kerja (Daker) Bandara Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi menyebut, selama 24 jam pada 4 Juli 2023 nanti, ada 18 kloter dari gelombang pertama yang akan kembali ke tanah air.

“Untuk teknis kepulangan, dalam delapan jam sebelum tiba di Jeddah, jemaah haji sudah diberangkatkan dari hotelnya di Makkah. Perjalanan sekitar satu-dua jam. Dan enam jam sebelumnya sudah tiba di bandara Jeddah di Plaza,” kata Haryanto dalam laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), Minggu (2/7/2023) siang.

Haryanto menambahkan, jemaah haji gelombang pertama adalah mereka yang tiba di tanah suci melalui Bandara Ameer Mohammed bin Abdul Azis (AMAA) Madinah. Di Madinah, jemaah melakukan ibadah arbain selama delapan hingga sembilan hari di Masjid Nabawi

Selesai Arbain, mereka ke Makkah untuk melakukan ibadah umrah qudum atau umrah wajib. Selanjutnya menunggu waktu ibadah Armuzna.

Setelah rangkaian tersebut terlaksana, seluruh Jemaah haji gelombang pertama dipulangkan ke tanah air dengan menunggu jadwal kepulangan dari maskapai penerbangan. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs