Kamis, 25 Juli 2024

Golden Ticket Khusus Calon Mahasiswa Unair Berprestasi Luar Biasa Dibuka Februari

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Prof Nasih Rektor Universitas Airlangga saat hadiri AEE 2023, Jumat (3/2/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pendaftaran jalur golden ticket bagi calon mahasiswa-mahasiswi Universitas Airlangga (Unair) yang memiliki prestasi luar biasa, akan dibuka bulan ini, minggu ketiga Februari 2023.

Prof Nasih Rektor Universitas Airlangga mengingatkan, tak cukup hanya dengan berprestasi, jalur pendaftaran golden ticket diperuntukkan bagi mahasiswa yang memiliki prestasi kategori luar biasa.

Tak juga sekedar bukti prestasi, lanjut Prof Nasih, Unair akan menyeleksi dan memverifikasi detil kelayakan prestasi.

“Prestasi luar biasa misalnya seperti ini, dia hafal Al-Qur’an tapi dari SLTA Hafidz kan itu biasa. Tapi kalau semisal, dia dari SMAN 5 tapi hafal Al-Qur’an, itu baru luar biasa. Atau juga bisa mereka yang memenangkan olimpiade tingkat Internasional. Tapi yang secara fisik ikut, bukan online. Itu pun pesertanya kita lihat, kalau jenisnya internasional, tapi pesertanya nasional semua ya berarti bukan internasional sama saja,” papar Nasih ditemui di Airlangga Education Expo (AEE), Jumat (3/2/2023).

Prestasi luar biasa lainnya, lanjut Nasih, calon mahasiswa yang memiliki pengalaman kepemimpinan atau kewirausahaan. Namun relevan tidaknya jenis program studi yang dipilih juga akan jadi pertimbangan.

“Misal lulus SLTA sudah punya bisnis. Tapi jangan daftar kedokteran, sama saja (tidak relevan). Kalau daftar misal FEB, silakan, bisa saja lolos nanti, (malah) kita bimbing untuk terus usahanya dan kuliahnya,” imbuhnya.

Mengenai kuota golden ticket tahun ini, Nasih menyebut bisa bertambah dari tahun lalu, bergantung jika jumlah mahasiswa berprestasi yang lebih banyak pula.

“Tergantung berapa pendaftarnya, nanti prestasi yang diajukan ke kami itu yang akan jadi pertimbangan utama. Kalau peminatnya banyak, yang punya prestasi banyak, kuotanya bisa lebih banyak,” paparnya.

Nasih menegaskan, golden ticket hanya untuk mahasiswa yang eligible, memiliki kualitas dan memenuhi syarat yang diberlakukan.

Selain itu, mereka yang mendaftar juga harus sudah memiliki kartu Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP). Setelah mendaftar dalam seleksi Golden Ticket, mereka juga akan menjalani proses verifikasi dan wawancara.

Selain itu, dalam gelaran tahunan AEE tahun ini diberikan informasi seluas-luasnya bagi calon mahasiswa yang hendak mendaftar. Mulai dari informasi kuota, prodi hingga golden ticket.

“Acara ini setiap tahun, kami ingin memberi informasi seluas – luasnya mengenai daya tampung, kriteria dan juga soal biaya. Sehingga masyarakat tau hanya itu yang mereka bayar,” tandasnya. (lta/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs