Jumat, 17 Mei 2024

Google Sediakan 11 Ribu Beasiswa untuk Mengembangkan Keterampilan Digital di Indonesia

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Google menyediakan total 11.000 beasiswa Google Career Certificates (GCC). Foto: Unsplash

Google menyediakan 11.000 beasiswa Google Career Certificates (GCC) dalam rangka membangun keterampilan digital di Indonesia.

Beasiswa itu diberikan kepada mitra-mitra Google. Mulai Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Siber dan Sandi Negara, dan Telkom Indonesia.

“Untuk terus memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk semua kalangan, tahun ini kami akan memberikan beasiswa lewat mitra-mitra setia kami, dengan total beasiswa yang tahun ini kami berikan adalah 11 ribu,” ujar Randy Jusuf Managing Director Google Indonesia dilansir Antara, Kamis (15/6/2023).

GCC merupakan program sertifikasi profesional yang dirancang pakar materi pelajaran dan praktisi senior di Google.

Melalui inisiatif itu, Google berupaya membantu masyarakat Indonesia supaya siap menghadapi era digitalisasi dan mendapatkan pekerjaan yang sekarang banyak dibutuhkan di bidang teknologi informatika (TI).

Sejak diperkenalkan pada 2021, GCC sudah memberikan belasan ribu beasiswa untuk mengasah keterampilan dan belajar ilmu TI.

Dalam kesempatan itu, Randy turut mengumumkan kehadiran tiga bidang Google Career Certificates baru, yaitu bidang Pemasaran Digital dan E-Commerce, Manajemen Proyek, serta Keamanan Siber.

Ketiga bidang baru tersebut hadir untuk melengkapi tiga bidang GCC yang sudah ada, yaitu bidang IT Support, Analisis Data, dan Desain UX.

Randy juga mengumumkan pendaftaran gelombang kedua program “Bangkit” 2023 sudah dibuka. “Bangkit” merupakan program rutin yang dihadirkan Google pada 2019

Program itu menjadi wadah bagi generasi muda melatih dirinya menjadi talenta digital memahami teknologi yang tengah dikembangkan dan digunakan di dunia kerja.

“Kami masih membuka pendaftaran untuk setidaknya 4.000 lebih siswa lagi untuk bergabung dengan batch 2 Bangkit 2023 yang dimulai bulan Agustus nanti,” kata dia.

Randy berharap melalui program tersebut, akan ada lebih dari 12.000 lulusan yang memiliki keterampilan tingkat lanjut dalam bidang machine learning, komputasi cloud, dan pengembangan seluler untuk memenuhi permintaan pemberi kerja di berbagai industri.(ant/saf/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 17 Mei 2024
31o
Kurs