Senin, 6 Mei 2024

Guru SMA Ini Ceritakan Momen Kecelakaan Bus DPRD Kota Surabaya di Tol Pasuruan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tampak depan bus milik DPRD Kota Surabaya setelah mengalami kecelakaan di exit tol Tongas, Kamis (18/5/2023). Foto: Istimewa

Rini salah seorang guru SMA swasta di Surabaya mengatakan kecelakaan satu unit Bus DPRD Kota Surabaya terjadi sekitar pukul 02.00 WIB dini hari, Kamis (18/5/2023).

Seperti diberitakan sebelumnya, salah satu dari tiga Bus DPRD Kota Surabaya yang membawa sekitar 25 pelajar mengalami kecelakaan di Tol Pasuruan-Probolinggo (Pasro) KM 813/100B wilayah Grati.

Kata Rini, rombongan bus pariwisata itu dalam perjalanan pulang ke Kota Surabaya setelah berkegiatan outdoor learning di Kabupaten Banyuwangi sejak Selasa (16/5/2023).

Total jumlah rombongan dari SMA tersebut ada 8 bus dan satu elf. Rini tidak tahu persis bus urutan ke berapa yang mengalami kecelakaan. Tapi, pihak polisi memastikan nomor polisi bus yang mengalami laka adalah L 7544 AP.

“Kejadian persisnya saya kurang tahu, karena kondisi gelap dan dini hari banyak yang tidur. Cuma tiba-tiba dikabari ada bus yang kecelakaan akhirnya berhenti. Kemudian kami menelpon Suara Surabaya. Alhamdulillah cepat penanganannya,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Kamis (18/5/2023).

Setelah menelepon Radio SS, sejumlah mobil petugas dan ambulans datang ke lokasi untuk mengevakuasi penumpang yang mengalami luka-luka. Rini menuturkan, ada empat siswa yang mengalami luka, kemudian satu guru, satu sopir.

Mereka dibawa RSUD Grati Pasuruan untuk mendapat penanganan lebih lanjut. Lalu, sekitar pukul 10.00 WIB tadi dua siswa sudah diperbolehkan pulang, dan dua sisanya masih harus dirawat.

“Sudah saya komunikasikan dengan pihak keluarga (siswa yang dirawat), sudah didampingi di RS,” imbuhnya.

Sementara itu, AKP Suprihanto Kanit IV PJR Polda Jawa Timur menjelaskan kecelakaan satu unit Bus DPRD Kota Surabaya yang terjadi di Tol Pasuruan-Probolinggo (Pasro) diduga akibat sopirnya mengantuk.

Suprihanto menjelaskan, sebelum kejadian bus berada di lajur lambat dari arah Probolinggo ke arah Surabaya. Sesampainya di TKP KM 812/100 B, sopir menabrak Truk Fuso yang ada di depannya.

“Dengan kecepatan sedang, bus dari arah belakang menabrak truk di depannya yang tidak diketahui nopolnya. Diduga sopir mengantuk dan menabrak kendaraan truk yang berjalan searah. Akibatnya, bagian depan bus ringsek,” jelasnya.

Sesudah menabrak, posisi bus menghadap ke barat di bahu jalan. Petugas PJR yang datang ke lokasi kejadian langsung mengevakuasi kendaraan ke Gerbang Tol Tongas, dan menyerahkan surat serta barang bukti kecelakaan ke Polresta Pasuruan.(wld/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
25o
Kurs