Rabu, 24 April 2024

Gus Muhdlor Targetkan Penyaluran Bantuan Pangan di Sidoarjo Tuntas Sebelum Idulfitri

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo secara simbolis menyerahkan bantuan pangan, program dari pemerintah pusat di Desa Kemangsen, Kecamatan Balongbendo Sidoarjo, Selasa (11/4/2023). Foto: sidoarjokab.go.id

Ahmad Mudhlor Ali Bupati Sidoarjo menargetkan penyaluran bantuan pangan bagi 92.000 warga tidak mampu di Kota Delta tuntas sebelum hari raya Idulfitri 1444 Hijriyah.

Bahkan Gus Muhdlor sapaan akrabnya dijadwalkan turun dan memantau sendiri proses penyaluran agar benar-benar tepat waktu. Seperti yang dilakukan di empat desa di Kecamatan Balongbendo, di antaranya Desa Seketi, Desa Kemangsen serta Desa Penambangan dan Desa Sumokembangsri, Selasa (11/4/2023).

“Penyaluran beras bagi 92.000 warga tidak mampu ini harus sudah tuntas dilakukan sebelum hari raya idul fitri,”ujar Gus Muhdlor, seperti dilansir sidoarjokab.go.id, Rabu (12/4/2023).

Jumlah keseluruhan bantuan pangan yang akan disalurkan ada 276.000 sak beras. Masing-masing menerima beras 10 kg diberikan selama 3 bulan berturut-turut.

Adapun para penerima bantuan pangan ini didasarkan pada data penerima program PKH (Program Keluarga Harapan) dan data BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).

Bupati muda itu juga meminta kepada Dinas Sosial untuk memastikan lagi dengan menkroscek data para penerima agar tidak ada yang salah. Hal itu untuk mencegah terjadinya salah sasaran.

Pengawasan bersama juga dilakukan oleh pemerintah desa dan lembaga desa, diantaranya BPD, LPMD, RT/RW dibantu dengan tokoh masyarakat.

“Saya minta tolong kepada Pak Kades beserta perangkat harus memberikan jaminan bantuan tersebut diberikan kepada yang berhak, titik, jangan sampai ada isu diberikan keponakannya, ada isu diberikan adiknya pak RT, ini adalah program pemerintah pusat yang turun by name by addres,” tegasnya.

Gus Muhdlor berharap semua pihak mendukung program bantuan pangan kali ini, dengan semua pihak saling mengawasi penyaluran bantuan pangan tersebut. Dengan begitu ia yakin program bantuan pangan seperti ini akan tepat sasaran.

“Ini semua tidak akan berhasil kalau semua tidak saling mengawasi, Pak Kades, BPD, LPMD, RT-RW harus saling mengawasi, 532 ini (beras bantuan pangan kepada warga Desa Kemangsen) harus turun kepada yang berhak,” pintanya.

Setelah Kecamatan Balongbendo, roadshow penyaluran bantuan pangan akan dilaksanakan di wilayah Kecamatan Porong, Krembung, Tarik, Jabon, Waru. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs