Senin, 29 April 2024

H+2 Lebaran, Penyeberangan Situbondo-Madura Terpantau Ramai Lancar

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Penumpang turun dari KMP Dharma Kartika di dermaga Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Selasa (25/4/2023) malam. Foto: Antara

Arus balik H+2 Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah di Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (25/4/2023) malam, terpantau ramai lancar.

Tri Wahyono Koordinator UPT Pelabuhan Pengumpan Regional (PPR) Wilayah Kerja Jangkar Situbondo mengatakan bahwa pada H+2 Lebaran, warga Pulau Raas Kabupaten Sumenep, Madura, mulai kembali setelah berlebaran di kampung halamannya.

“H+2 Lebaran pada malam ini, KMP Dharma Kartika dari Pulau Raas ke Pelabuhan Jangkar mengangkut sebanyak 394 penumpang,” ujarnya di Situbondo dilansir Antara.

Tri Wahyono merinci, dari 394 penumpang dari Pulau Raas itu terdiri atas 231 penumpang laki-laki dan 163 penumpang perempuan.

Ia mengungkapkan, bahwa arus balik di penyeberangan Situbondo-Madura mulai terjadi pada Selasa (25/4/2023), dan diperkirakan arus balik berlangsung hingga tanggal 30 April 2023.

“Karena dari catatan kami, saat arus mudik sejak H-15 Lebaran 2023 tercatat sebanyak sekitar 9.000 orang warga Pulau Raas menyeberang melalui Pelabuhan Jangkar,” kata Tri Wahyono.

Namun, ia menjelaskan, tidak menutup kemungkinan warga Pulau Raas yang akan kembali bekerja ke Pulau Bali menyeberang melalui Pelabuhan Kalianget, Kabupaten Sumenep.

“Perkiraan kami, ada sebagian warga Pulau Raas yang akan kembali bekerja ke Pulau Jawa dan Pulau Bali, menyeberang melalui Pelabuhan Kalianget,” ujar Tri Wahyono.

Menurut dia, hingga saat ini otoritas pelabuhan penyeberangan Situbondo-Madura belum menambah trip pelayaran kapal feri karena belum terjadi lonjakan signifikan pada arus balik hingga H+2 Lebaran 2023.

“Sementara belum menambah jadwal trip pelayaran, dan masih menggunakan jadwal keberangkatan kapal reguler,” tutur dia.(ant/ihz/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs