Minggu, 28 April 2024

Puncak Arus Balik di Terminal Purabaya Diprediksi Terjadi Selasa Malam

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi - Sejumlah pemudik mulai balik melalui Terminal Purabaya namun masih landai, Selasa (25/4/2023) sore. Foto: Meilita suarasurabaya.net

Puncak arus balik penumpang dari berbagai daerah menggunakan transportasi bus di Terminal Purabaya diprediksi akan terjadi malam nanti, Selasa (25/4/2023).

Cipto Widyanto Staf Administrasi Terminal Tipe A Purabaya menyebut, peningkatan jumlah penumpang arus balik mulai terjadi H+1 Lebaran, Minggu (23/4/2023).

“Mulai Minggu sudah mulai naik, sampai hari ini,” kata Cipto, Selasa (25/4/2023).

Namun puncaknya diprediksi terjadi malam nanti. Meski secara jumlah ia belum bisa memastikan. Yang pasti, jumlah penumpang arus balik tidak setinggi arus mudik pekan lalu.

“(Kedatangan juga sama dengan keberangkatan) kalau AKDP didominasi Blitar, Ponorogo, Tulungagung, Kediri. Kalau AKAP, didominasi Solo, Yogyakarta, Semarang, Jakarta,” bebernya.

Penumpang arus balik usai datang lanjut ke jalur keberangkatan Terminal Purabaya, Selasa (25/4/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Puluhan ribu orang yang tiba ke Terminal Purabaya, lanjutnya, rata-rata langsung melanjutkan perjalanan ke kota tujuan lain.

“Karena Surabaya jadi transit bukan tujuan. Dari yang barat ke timur berhenti di Surabaya, kemudian lanjut ke wilayah lain lagi,” imbuhnya.

Berdasarkan data terakhir puncak arus balik kemarin, total 14.221 penumpang yang tiba di Terminal Purabaya, mayoritas bus AKDP. Sementara keberangkatan ada 18.443 penumpang.

“Masih tinggian tahun lalu. Karena sekarang ini banyak moda transportasi lain yang jadi alternatif pemudik, disamping jalan tol lebih nyaman untuk keliling mudik,” tandasnya.

Selain itu, usai ada imbauan pemerintah pusat untuk alternatif arus balik usai 26 April 2023, diprediksi akan ada puncak arus balik berikutnya akhir pekan ini.

“Mungkin pasti ada peningkatan tapi tidak akan setinggi ini (malam ini). Kemungkinan Sabtu-Minggu yang wiraswasta, biasanya tidak terikat waktu kerja,” pungkasnya. (lta/ihz/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs