Kamis, 25 April 2024

Hadirkan 29 Saksi, Pengamanan Sidang Kanjuruhan di PN Surabaya Diperketat

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Kendaraan rantis yang disiapkan polisi di halaman Pengadilan Negeri Surabaya, untuk escape saat terjadi sesuatu di tengah persidangan, Kamis (19/1/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pihak mengerahkan ratusan personel untuk mengamankan Pengadilan Negeri (PN) Surabaya menjelang agenda sidang kedua Tragedi Kanjuruhan, yang menghadirkan 29 saksi di persidangan hari ini, Selasa (19/1/2023).

Kompol M. Fakih Kasi Humas Polrestabes Surabaya mengatakan, jumlah komposisi personel yang disiagakan di PN Surabaya  sebanyak 400 personel. Namun secara keseluruhan ada 1.600 personel yang disebar di 14 titik.

Pengamanan ekstra dilakukan polisi, dengan sterilisasi di dua ruas jalan yang berada du samping kanan dan kiri PN Surabaya. Kata Fakih dua titik itu disterilkan untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami juga siapkan dua kendaraan rantis untuk escape apabila terjadi sesuatu di tengah persidangan. Dua kendaraan itu untuk mengamankan terdakwa dan bisa juga hakim,” ujar Fakih kepada suarasurabaya.net, Kamis (19/1/2023).

Sebagai informasi, agenda sidang hari ini untuk terdakwa Suko Sutrisno Security Officer dan Abdul Haris Ketua Panpel Arema FC.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) berencana menghadirkan 29 saksi, di mana jumlah saksi paling banyak dihadirkan adalah dari pihak korban Tragedi Kanjuruhan.

Fathur Rohman Kepala Seksi Penerangan Hukum Kejaksaan Tinggi (Kasi Penkum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim mengatakan pemanggilan 29 saksi itu setelah berkoordinasi dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)

“Saksi yang kita panggil, korban 18 orang. Steward (pembantu petugas keamanan dan keselamatan) tujuh orang. Pegawai Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Kabupaten Malang tiga orang. Polri satu orang,” ujar Fathur, Selasa (17/1/2023).(wld/dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs