Minggu, 28 April 2024

Hari Pertama Libur Nataru, KBS Diserbu Belasan Ribu Pengunjung

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kepadatan ribuan pengunjung di salah satu rute Kebun Binatang Surabaya dekat kandang gajah, Minggu (24/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Hari pertama masa libur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru), yang dimulai Minggu (24/12/2023) hari ini, hingga 1 Januari 2024 mendatang, jumlah pengunjung Kebun Binatang Surabaya (KBS) mencapai belasan ribu orang hingga siang hari.

Lintang Ratri Sunarwidhi Kepala Seksi Humas KBS menyebut, data sejak pagi hingga pukul 11.00 WIB tercatat 18 ribuan pengunjung yang masuk. Diperkirakan masih akan bertambah sampai sore nanti.

“Targetnya sebanyak-banyaknya sih kalau bisa 60 sampai 70 ribu kan alhamdulillah. Memang satu hari menjelang Natal, hari ini, biasanya selalu ramai, apalagi ini Minggu,” katanya ditemui suarasurabaya.net.

Pantauan di KB, kepadatan memang terlihat hampir di semua titik, mulai parkiran, tepi jalan depan KBS yang dipakai parkir, beberapa pintu masuk, hingga di dalam KBS dan depan kandang-kandang satwa.

Puluhan pengunjung saat menyaksikan satwa monyet di KBS, Minggu (24/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Menurutnya, kepadatan masih akan melonjak terutama saat Tahun Baru 1 Januari 2024, diprediksi mencapai 65 ribuan berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya.

“Total target 500 ribu pengunjung selama 9 hari 24 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024. Puncaknya tanggal 1, tapi Minggu atau tanggal 31 bisa jadi membludak juga,” imbuhnya.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, Manajemen KBS menambah personel pengamanan TNI, Polri, Satpol PP, dan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Tidak ada pembatasan kuota masuk pengunjung, dengan pertimbangan, orang bisa bebas keluar masuk.

“Karena KBS itu ngantong tengah kosong dan bergulir tidak seharian. Jadi, keluar masuk bisa saja mencapai 70 ribuan bergulir apalagi kami buka tiga pintu,” jelasnya.

Lintang tetap mengimbau pengunjung menghindari berdesakan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk menjaga anak kecil dan barang bawaan.

“Kami imbau tidak berdesakan, masuk ke tengah karena satwa di tengah meski pinggir juga ada, jadi biar tidak berdesakan dengan yang lain. Hati-hati barang bawaan, taruh depan dan anak-anak itu rawan, biasanya lari-lari lihat satwa,” tandasnya.(lta/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs