Sabtu, 25 Mei 2024

Hasil Survei Lanskap: Elektabilitas Prabowo Ungguli Ganjar untuk Pilpres di Jatim

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Prabowo Subianto Ketum Partai Gerindra saat meresmikan Kantor Badan Pemenangan Pemilu dan Badan Pemenangan Presiden Partai Gerindra, Sabtu (7/1/2023). Foto: Antara

Lembaga Survei & Analisa Kebijakan Publik (Lanskap) merilis hasil survei pilihan warga Jawa Timur terkait figur Calon Presiden dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Mochammad Toha Direktur Eksekutif Lanskap mengatakan Prabowo Subianto Menteri Pertahanan sekaligus Ketum Partai Gerinda menjadi figur yang dipilih masyarakat Jatim pada Pilpres 2024 dengan hasil survei 26,1 persen.

Toha menyebut, secara elektabilitas Prabowo unggul dari Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah dan Anies Baswedan Capres NasDem. Kata Toha, alasan Prabowo lebih unggul dari Ganjar karena sosok Ketum Gerindra itu lebih dikenal oleh mayoritas masyarakat Jatim.

“Tingkat pengenalan publik terhadap tokoh-tokoh yang disebutkan di dalam pertanyaan survei di Jatim sudah melampaui 50 persen. Di mana yang paling tinggi di Jatim adalah Prabowo dan Ganjar peringkat kedua,” kata Toha, Senin (17/4/2023).

Selain itu faktor yang membuat Prabowo Subianto masih teratas di Jatim karena kegiatan safari Menteri Pertahanan tersebut ke beberapa daerah bersama dengan Joko Widodo Presiden.

“Prabowo mampu muncul sebagai runner up mungkin adalah buah dari safarinya dan bertemu para tokoh berpengaruh dan memiliki akar dan modal sosial yang kuat. Lagi-lagi di samping hubungannya yang sangat baik dengan Jokowi,” tutur Toha.

Di samping itu, menurut Toha faktor kinerja Prabowo Subianto sebagai bagian dari Kabinet Indonesia Maju juga dipandang bisa semakin mengamplifikasi dukungan publik kepadanya.

Kemudian koalisi yang dijalin erat dengan PKB diduga besar memiiki efek elektoral yang bagus untuk Prabowo Subianto di Jatim.

Toha juga memprediksi apabila data tersebut konstan sampai pemilu 2024, maka Prabowo Subianto bisa keluar menjadi pemenang dalam Pilpres 2024 mendatang.

“Munculnya Prabowo sebagai sosok dengan elektoral tinggi di Jatim tidak lepas dari kuatnya silaturahmi yang dibangun Prabowo dengan publik di sana, baik secara langsung maupun maupun melalui institusi pendidikan keagamaan dan tokohnya yaitu para kyai,” jelasnya.

Sebagai informasi, survei Lanskap dilakukan pada 1-10 April 2023 dengan jumlah responden sebanyak 880 orang di Jatim. Metodologi survei menggunakan multistage random sampling dengan margin of error -+ 3,3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Berikut elektabilitas para figur yang digadang maju Pilpres menurut survei Lanskap yang dilakukan di Jatim:

1. Prabowo Subianto 26,1 persen
2. Ganjar Pranowo 19,3 persen
3. Anies Baswedan 19 persen
4. Khofifah Indar Parawansa 5,7 persen
5. Mahfud MD 3,5 persen
6. Erick Thohir 2,6 persen
7. Muhaimin Iskandar 2,2 persen
8. Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 2,2 persen
9. Ridwan Kamil 2,1 persen
10. Sandiaga Uno 1,7 persen
11. Puan Maharani 1,5 persen
12. Airlangga Hartarto 1,4 persen
13. Andika Perkasa 1,4 persen
Tidak tahu/tidak menjawab 11,3 persen.(wld/ihz/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Sabtu, 25 Mei 2024
32o
Kurs