Senin, 27 Mei 2024

Hujan Deras Sebabkan Banjir di Sejumlah Titik di Kota Malang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Personel BPBD Kota Malang pada saat melakukan asesmen pada salah satu titik banjir yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (24/3/2023). Foto: Antara Personel BPBD Kota Malang pada saat melakukan asesmen pada salah satu titik banjir yang disebabkan hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (24/3/2023). Foto: Antara

Hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kota Malang, Jawa Timur menyebabkan sejumlah titik di wilayah tersebut mengalami banjir dan menyebabkan beberapa infrastruktur mengalami kerusakan.

Prayitno Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang, di Kota Malang, Sabtu (25/11/2023), mengatakan bahwa salah satu titik banjir dengan ketinggian air hingga dua meter terjadi di Perumahan Sigura-gura Residence di wilayah Kelurahan Karangbesuki, Kecamatan Sukun.

“Saya berada di lokasi yang tadi sempat mengalami banjir setinggi dua meter, di wilayah Karangbesuki,” katanya, seperti dilaporkan Antara.

Prayitno menjelaskan, tim BPBD Kota Malang langsung diterjunkan ke lokasi tersebut untuk memastikan kondisi tidak membahayakan bagi warga, khususnya kelompok rentan seperti para lanjut usia anak-anak dan penyandang disabilitas.

Menurut dia, kondisi saat ini air sudah surut dan tidak ada laporan terkait korban dari bencana banjir yang disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi tersebut. Namun, BPBD Kota Malang mencatat ada sejumlah kerusakan, khususnya di wilayah Kelurahan Karangbesuki.

“Tidak ada laporan korban akibat banjir, yang masuk hanya kerusakan seperti jalan paving, tembok sungai roboh. Itu saja, kerusakan teknis pada konstruksi. Banjir juga merendam sejumlah rumah di lokasi tersebut,” katanya.

Ia menambahkan, titik lain yang dilaporkan mengalami banjir adalah di sejumlah titik di wilayah Kecamatan Klojen dan Kecamatan Lowokwaru. Di wilayah Kecamatan Klojen, dilaporkan tembok rumah roboh dan menyebabkan kerusakan.

Namun ia memastikan saat ini kondisi banjir sudah surut seiring hujan yang mereda dan tidak ada korban jiwa akibat bencana yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi kurang lebih selama satu jam sejak pukul 14.00 WIB.

“Tidak ada korban jiwa. Sekarang mulai proses pembersihan rumah akibat adanya lumpur,” katanya.

Banjir terjadi pada sejumlah titik di wilayah Kota Malang seperti di wilayah Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Jalan MT Haryono, Simpang Gajayana, Jalan Mayjen Pandjaitan, Jalan Galunggung, Jalan Soekarno Hatta dan Kampung Kayutangan Heritage.

Selain itu, banjir yang dipicu hujan dengan intensitas tinggi tersebut juga terjadi di Jalan Veteran, hingga membuat lantai dasar salah satu pusat perbelanjaan yang ada di kawasan tersebut tergenang.(ant/mel/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Senin, 27 Mei 2024
29o
Kurs