Senin, 22 April 2024

Hujan Intensitas Sedang hingga Lebat Berpotensi Guyur Jatim Hari Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakiraan cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, berpotensi terjadi di Jawa Timur (Jatim), Kamis (11/5/2023) hari ini.

Dari keterangan BMKG Juanda, wilayah yang berpotensi terjadi cuaca seperti yang disebutkan di atas pada pagi hari yakni di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Tuban, Bojonegoro, Kota Pasuruan, Jember, dan Banyuwangi. Di beberapa wilayah Surabaya, Kamis pagi ini telah diguyur hujan berintensitas sedang.

Lalu, pada siang hingga sore di wilayah Gresik, Lamongan, Tuban, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trengalek, Tulungagung, Kab. Blitar, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Probolingggo, Lumajang, Jember, Banyuwangi, dan Bangkalan.

Kemudian, malam hingga dini hari berpotensi terjadi wilayah Ponorogo, Kab. Malang, dan wilayah Pacitan.

Suhu udara di Jatim berada di kisaran 15-34 derajat celcius, kelembapan udara 55-100  persen, dan angin didominasi dari timur-timur laut dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Sementara, BMKG Tanjung Perak juga mengeluarkan prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah perairan Jatim pada hari ini yang berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang.

Masyarakat diminta untuk mewaspadai gelombang tinggi yang bisa mencapai 2,5 meter di perairan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim.

Rata-rata ketinggian gelombang di Selat Madura bisa mencapai antara 0,3-1,5 meter. Sedangkan, Laut Jawa bagian timur dan Samudra Hindia selatan Jatim antara 1,5-3,5 meter.

Kemudian, arah angin didominasi dari timur-tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudra Hindia selatan Jatim mencapai 22 knot atau 41 km/jam. (ihz/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 22 April 2024
26o
Kurs