Senin, 29 April 2024

Indonesia dan Kanada Tindak Lanjuti Kerja Sama Jaminan Produk Halal

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Yaqut Cholil Qoumas Menteri Agama , berdiskusi dengan Mary NgMenteri Perdagangan, Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional Negara Kanada. Foto : Kemenag

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, bertemu Mary Ng Menteri Perdagangan, Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional Kanada, untuk membahas berbagai kerja sama khususnya dalam bidang jaminan produk halal dan bidang pendidikan, di kediaman Yaqut Cholil Qoumas, Jakarta, Sabtu (19/8/2023).

Melansir laman resmi Kemenag, pertemuan ini adalah kelanjutan dari pertemuan yang terjadi pada tahun 2022 di mana Mary Ng mengunjungi Kantor Kementerian Agama dan bertemu dengan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi.

Yaqut berharap pertemuan ini menjadi awal untuk mendapat kesepahaman terkait kerja sama jaminan produk halal di dua negara.

“Yang lebih penting apa yang bisa kita bantu untuk Kanada dan sebaliknya untuk Indonesia. Karena standar dari masing-masing negara tentu berbeda,” kata Yaqut Cholil Qoumas, Sabtu (19/8/2023).

“Di tahun 2024 nanti, semua produk dari luar negeri tidak bisa lagi masuk ke Indonesia bila tidak memiliki sertifikasi halal. Ini sebagai bentuk perlindungan negara kepada masyarakat. Kami berharap produk kami juga diberi kemudahan untuk masuk Kanada,” sambungnya.

Yaqut pun meminta kepada Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk segera menindaklanjuti kerja sama bidang halal dari kedua negara agar segera terwujud.

Selain terkait kerja sama di bidang peningkatan jaminan halal, dalam pertemuan itu juga dibahas rencana kerja sama di bidang pendidikan.

Menurut Yaqut, Indonesia memiliki empat juta santri yang berasal dari pondok pesantren.

“Kita punya empat juta santri yang kita dorong untuk belajar di luar negeri termasuk di negara Kanada. Isu pendidikan juga sangat penting. Dan kedua negara bisa saling dan bertukar promosi di bidang pendidikan,” tandas Menag.

Sementara itu, Mary Ng Menteri Perdagangan, Usaha Kecil, Promosi Ekspor, dan Perdagangan Internasional Negara Kanada, menyampaikan terima kasih kepada Menteri Agama dan jajaran atas pertemuan yang berlangsung akrab tersebut.

“Kami sangat berharap kerja sama di bidang halal dan pendidikan ini dapat segera terwujud. Terima kasih atas waktunya dan kami sangat tersanjung diterima dengan baik oleh Menteri Agama dan jajaran,” pungkasnya. (dvn/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs