Senin, 29 April 2024

Kemenag Pastikan Pencarian Jemaah Haji Hilang di Tanah Suci Masih Berlanjut

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Hilman Latief Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI waktu ditemui di Jakarta, Selasa (15/8/2023). Foto: Antara

Hilman Latief Direktur Jenderal Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) mengatakan upaya pencarian jemaah haji yang hilang di Arab Saudi hingga masih terus dilakukan hingga saat ini.

“Upaya pencarian terus dilakukan, pokoknya kita sudah kerja sama dengan KJRI,” kata Hilman di Jakarta, Selasa (15/8/2023).

Meskipun operasional haji telah selesai, Hilman mengatakan Pemerintah Indonesia tetap mengupayakan pencarian jamaah haji yang hilang melalui Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI).

Sebagai upaya pencarian, KJRI akan bekerjasama dengan aparat setempat dalam pencarian jamaah haji yang hilang tersebut. Namun, lanjut Hilman, hingga saat ini belum terdapat tanda-tanda adanya penemuan jamaah haji yang hilang itu.

“Kita sudah lacak di rumah sakit, kemudian ke tempat-tempat forensik yang biasanya ada jenazah, memang belum ada (tanda-tanda),” kata Hilman melansir Antara.

Sebelumnya Kemenag melaporkan terdapat delapan peserta haji yang dinyatakan hilang, tujuh orang diantaranya berhasil ditemukan. Sedangkan satu lainnya atas nama Idun Rohim Zen (87) masih dalam proses pencarian.

Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas telah menegaskan pencarian terhadap peserta ibadah haji yang hilang di Tanah Suci tidak memiliki batas waktu.

“Saya sudah perintahkan kepada para petugas terutama Linjam (perlindungan jamaah) di sana untuk terus mencari jamaah kita yang masih hilang ini tanpa batas waktu,” kata Menag Yaqut pada 27 Juli 2023 lalu.(ant/wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs