Rabu, 24 April 2024

Indonesia Mengecam Kunjungan Menteri Israel ke Masjid Al-Aqsa

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Retno Marsudi Menlu RI memberikan keterangan terkait persiapan KTT G20, Senin (31/10/2022), di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengutuk kunjungan  Itamar Ben-Gvir Menteri Keamanan Nasional Israel ke komplek Masjid Al-Aqsa pada Selasa (3/1/2023).

Mengutip laman resmi Kemenlu, Kamis (5/1/2023), kunjungan tersebut dinilai merupakan provokasi yang dapat memicu ketegangan dan siklus kekerasan baru di Palestina.

“Indonesia menyerukan Israel untuk menghormati status quo yang sudah disepakati bersama dan menghindari aksi dan provokasi yang mencederai tempat-tempat suci di Yerusalem,” mengutip keterangan resmi Kemenlu.

Pemerintah mengajak masyarakat internasional khususnya PBB untuk terus mendesak Israel untuk menghentikan segala tindakan yang dapat mempengaruhi stabilitas dan keamanan di Kawasan.

Tanah Air turut menekankan kembali pentingnya proses perdamaian Palestina – Israel berdasarkan prinsip “Two State Solution” sesuai parameter yang disepakati secara internasional.​

Itamar Ben-Gvir Menteri Keamanan Nasional Israel yang baru saja dilantik, berkunjung ke kompleks Masjid Al Aqsa meski telah diperingati bahwa tindakannya akan menimbulkan kegaduhan dan menuai gelombang kecaman dari negara di seluruh dunia.

Bagi kaum Muslim, Masjid Al-Aqsa merupakan situs paling suci ketiga di dunia. Kaum Yahudi menyebut situs tersebut sebagai Bukit Bait Suci (Temple Mount), dan menganggap daerah itu sebagai lokasi dua kuil Yahudi zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur, tempat Masjid Al-Aqsa berada, selama perang Arab-Israel pada 1967.

Israel mencaplok seluruh kota tersebut pada 1980 dalam sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs