Rabu, 24 April 2024

Jaga Kebersihan Lingkungan, Warga RW 7 Margorejo Agendakan Kerja Bakti Rutin

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Sejumlah warga RW 7 Kelurahan Margorejo sedang memilah sampah untuk dijual kembali, Minggu (5/3/2023). Foto: Ihza suarasurabaya.net

Warga Kelurahan Margorejo RW 7 menggelar kerja bakti rutin serentak di 3 RT dalam Program Surabaya Bergerak , Minggu (5/3/2023) pagi.

Agenda utama kerja bakti di wilayah tersebut yaitu pemilahan sampah dan juga perantingan sejumlah pohon besar di lingkungan sekitar rumah warga.

Untuk pemilahan sampah, Karman Ketua RW 7 Kelurahan Margorejo menjelaskan sampah yang telah dipilah nantinya dijual. Hasil penjualan sampah nantinya dipakai untuk urusan menjaga kebersihan lingkungan.

“Di sini dilakukan pemilahan sampah setiap bulan sekali, dan kas (dari pemilahan sampah) sudah terpakai sesuai dengan keperluan lomba-lomba kebersihan lingkungan yang membutuhkan biaya,” jelasnya.

Dia melanjutkan, RW 7 sering mengikuti lomba kebersihan lingkungan dan berhasil memenangkan beberapa penghargaan.

Kemudian, Karman bilang masyarakat memiliki peran penting untuk menjaga kebersihan dan memenangkan penghargaan.

Warga RW 7 Kelurahan Margorejo melakukan perantingan untuk merapikan tanaman di sepanjang jalan perkampungan, Minggu (5/3/2023). Foto: Ihza suarasurabaya.net

Di sisi lain, terkait dengan Kota Surabaya yang memenangkan penghargaan Adipura Kencana 2022, Karman berpendapat masyarakat dari tingkatan terbawah memiliki peran penting dalam menjaga lingkungan Kota Surabaya.

“Warga dari RT RT di Surabaya sangat-sangat berpengaruh sekali. Walau pemimpin memiliki program yang bagus kalau warganya tidak bergerak ya sama saja. Paling tidak harus memiliki kesadaran lingkungan,” terang Karman kepada suarasurabaya.net.

Senada, Rury Damayanti Lurah Kelurahan Margorejo juga mengamini peran warga sangat penting atas keberhasilan Kota Surabaya meraih penghargaan Adipura Kencana.

Rury berharap, warga dari kelurahannya lebih baik dalam menjaga lingkungan supaya penghargaan-penghargaan yang diraih Kota Surabaya tidak sia-sia.

Alhamdulillah warga telah memberikan semangat kepada orang-orang di lingkungannya, dan mereka menyadari kebersihan adalah bagian dari iman,” pungkasnya.(ihz/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs