Jumat, 29 Maret 2024

Kerja Bakti Serentak, Warga Tenggilis Mejoyo Fokus Angkut Sedimen dan Bersihkan Sampah

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Pengerukan sedimen di selokan yang ada di area RT 3 RW 1 Tenggilis Mejoyo Surabaya, pada Minggu (5/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan warga Kelurahan Tenggilis Mejoyo, Surabaya yang tergabung dalam RT 3 RW 1, hari ini, Minggu (5/3/2023), serentak melakukan kerja bakti massal bertajuk Surabaya Bergerak.

Tri Kartika Sari Lurah Tenggilis Mejoyo mengatakan, kegiatan kerja bakti hari ini difokuskan untuk membersihkan saluran air.

“Untuk kegiatannya sendiri, hari ini kami adakan pengangkutan sedimen di area RT 3 RW 1,” ucapnya di sela-sela kerja bakti.

Menurutnya, pembersihan got atau saluran air itu dilakukan sebagai upaya untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan nyaman.

Selain mengangkut sedimen, warga juga kompak membersihkan sampah di lahan-lahan kosong.

Pembersihan sampah pada lahan kosong yang ada di area RT 3 RW 1 Tenggilis Mejoyo Surabaya, pada Minggu (5/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

“Jadi, di RW kami ini ada banyak sekali lahan-lahan kosong. Karena kosong seringkali dianggap warga sebagai tempat untuk buang sampah. Jadi, di sini kami sama-sama dengan RT dan RW membersihkan lahan kosong,” jelasnya.

Sementara itu, Agustono Ketua RW 1 mengatakan kegiatan kerja bakti hari ini, selain memiliki dampak baik bagi lingkungan, juga dapat merekatkan hubungan antarwarga.

“Ini momentum yang kami tunggu-tunggu karena dua tahun kemarin itu waktu pandemi belum ada kegiatan apa-apa. Kerja bakti ini banyak manfaatnya, bisa menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, kemudian menciptakan kerukunan warga, menjaga silaturahmi,” jelasnya.

Oleh karena itu, dia menyatakan kegiatan bersih-bersih ke depannya akan dilakukan secara rutin, sebulan sekali.

Dalam kesempatan itu, hadir juga Fermantho Ketua RT 3. Dia berharap program kerja bakti Surabaya Bergerak terus berlanjut dan warga semakin antusias.

“Karena sudah lama vakum kerja bakti, makannya hari ini kami awali dengan kerja bakti paling tidak minimal di depan rumah masing-masing, dan hari ini Alhamdulillah banyak yang kumpul warga dari RT 3,” ucapnya.

Pengangkutan sampah dengan gerobak yang dilakukan oleh warga RT 3 RW 1 Tenggilis Mejoyo Surabaya, pada Minggu (5/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Kegiatan kerja bakti bertajuk Surabaya Bergerak, bukan hanya dilakukan di satu lokasi, melainkan di seluruh wilayah Surabaya, rutin setiap pekan.

Seperti diketahui, kegiatan Surabaya Bergerak terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(ris/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs