Jumat, 19 April 2024

Jalur Penghubung Malang-Blitar Sempat Tertutup Dua Jam Akibat Longsor

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Tanah longsor yang terjadi di kawasan Payung atau Jalan Raya Batu yang menghubungkan antara Kota Batu dengan wilayah Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Kamis (2/3/2023). Foto: Antara

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Jawa Timur mencatat sejumlah titik di kabupaten itu mengalami longsor akibat hujan dengan intensitas tinggi.

Sadono Irawan Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Kamis (2/3/2023) mengatakan bahwa salah satu titik longsor tersebut terjadi di jalan provinsi penghubung dengan Kabupaten Blitar.

“Salah satu lokasi titik longsor berada di Boyak, Jalan Raya Bendosari, Kecamatan Pujon yang merupakan jalur provinsi penghubung Malang-Blitar,” kata Sadono.

Kejadian tanah longsor tersebut, lanjutnya, menyebabkan akses jalan raya tertutup dan tidak bisa dilewati kendaraan.

“Longsor itu sempat menutup total akses jalan penghubung Malang-Blitar selama kurang lebih dua jam. Saat ini sudah bisa dilalui kendaraan, namun kami meminta warga yang melintas untuk selalu waspada,” katanya, mengutip Antara.

Ia menambahkan, terkait dengan jalur akses Malang-Blitar, proses pembersihan material longsor sudah dilakukan dan dibantu warga sekitar. Sejumlah alat berat dikerahkan untuk membersihkan material longsor yang menutup jalan provinsi tersebut.

Sadono menjelaskan, peristiwa longsor terjadi pada Kamis kurang lebih pukul 17.00 WIB. Hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah Kecamatan Pujon, Kecamatan Ngantang dan Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang mulai siang hingga sore hari dan menyebabkan sejumlah titik longsor.

“Hujan intensitas tinggi sejak siang, mengakibatkan longsor yang menutup akses jalan raya. Kemudian juga terjadi longsor susulan di beberapa titik karena kondisi tanah labil,” ujarnya.

Ia menambahkan, beberapa titik lain di wilayah Kabupaten Malang yang mengalami longsor yakni di Desa Mulyorejo, Kecamatan Ngantang, yang disertai banjir dan di Desa Pait Kecamatan Kasembon.

“Kemudian juga ada banjir luapan di Desa Ngeprih Pujon, dan di Dusun Bayem, Desa Pait. Selain itu juga ada potensi longsor di Desa Pujon Lor,” ujarnya.

Selain di wilayah Kabupaten Malang, di wilayah Kota Batu juga terjadi longsor di kawasan Payung atau Jalan Raya Batu yang menghubungkan dengan Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.

Kemudian, kejadian tanah longsor juga dilaporkan terjadi di Dusun Brau Atas RT 3 RW 10, Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu kurang lebih pada pukul 17.30 WIB. Longsor tersebut juga dipicu hujan dengan intensitas tinggi di wilayah tersebut.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs