Rabu, 24 April 2024

Jemaah Rela Jalan Kaki dan Lari Maraton Demi Momen Bersejarah 1 Abad NU

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hiasan bertuliskan 1 Abad NU. Foto: NU Online

Nahdliyin antusias menyambut puncak resepsi 1 Abad NU pada 7 Februari 2023 mendatang di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur. Mereka berangkat dari daerah masing-masing dengan menggunakan berbagai macam kendaraan, bahkan ada yang rela untuk berjalan kaki demi momen bersejarah 1 Abad NU.

“Kami mendapatkan banyak informasi dari basis jemaah baik struktural MWCNU, Ranting NU, dan masyarakat, mereka akan mengadakan long march menuju Stadion Delta, khususnya masyarakat yang ada pada radius 30-50 kilometer,” ujar Rahmat Hidayat Pulungan Juru Bicara Panitia Puncak Resepsi 1 Abad NU, Rabu (1/2/2023).

Alasan kenapa mereka memilih jalan kaki karena menurut mereka hal tersebut lebih memudahkan mereka menembus kemacetan yang bakal melanda jalan menuju Stadion Delta.

“Rata-rata masyarakat yang melakukan aksi jalan kaki ini mereka yang tinggal di radius 30-50km dari acara. Mereka kebanyakan dari daerah Sidoarjo, Gresik, Surabaya, Pasuruan dan Jombang,” kata Rahmat.

Dia menegaskan, antusiasme dan ekspresi kebahagiaan tersebut hal wajar karena momentum 1 Abad NU merupakan momen istimewa. Dia juga mengimbau agar tetap menjaga kesehatan dan tertib.

Dilansir dari laman resmi NU, momen puncak 1 Abad NU juga dimanfaatkan dua kader GP Ansor Padangan, Bojonegoro, Jawa Timur untuk melakukan lari maraton 100 kilometer. Mereka ialah Ahmad Zaki Febiansyah (31) dan Taufik Hidayat (30).

“Karena usia 1 Abad NU sungguh spektakuler, oraganisasi terbesar menginjak 100 tahun perlu kita adakan acara yang spektakuler juga dengan berlari 100 kilometer. Bukan aku yang memanggil, tapi Nahdlatul Ulama, aku bangga jadi Nahdliyin,” ucap Zaki.

“Perjuangan para masyayikh NU sungguhlah berat. Karena perjuangan beliau-beliau, Indonesia bisa bersatu. Jadi, lari 100 kilometer ini sebetulnya belum ada apa-apanya ketimbang perjuangan para pendiri NU,” imbuhnya.

Zaki dan temannya bangga karena inisiatifnya ini didukung langsung oleh panitia daerah dan panitia pusat 1 Abad NU.

“Alhamdulillah panitia lokal dan pusat menyetujui niatan saya ini untuk meramaikan usia spektakuler 1 Abad NU,” ucapnya.(ihz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs