Selasa, 14 Mei 2024

Joe Biden Bilang Tidak Ada Kemudahan dan Privilese buat Ukraina Jadi Anggota NATO

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joe Biden Presiden Amerika Serikat. Foto: Kedubes AS di Jakarta

Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS), Sabtu (17/6/2023) mengatakan kalau Ukraina harus memenuhi standar yang sama dengan negara lain untuk jadi anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO).

Presiden AS ke-46 itu menyatakan tidak akan ada kemudahan khusus yang diberikan kepada Ukraina.

Hal tersebut disampaikan Biden menjawab pertanyaan wartawan sebelum naik pesawat ke Pennsylvania, soal kesediaan AS memfasilitasi keanggotaan Ukraina di NATO.

“Tidak. Karena mereka harus memenuhi standar yang sama. Jadi, saya tidak akan memudahkannya,” ucapnya seperti dilansir dari Anadolu, Minggu (28/6/2023).

Biden menambahkan, Ukraina sudah menunjukkan kemampuannya dalam berkoordinasi secara militer. Namun, dia masih mempertanyakan integritas militer negara tersebut.

“Saya pikir mereka telah melakukan segala sesuatu dengan menunjukkan kemampuan untuk berkoordinasi secara militer. Tapi, ada masalah mengenai keamanan sistem mereka. Apakah itu bebas korupsi?” tanyanya.

“Apakah memenuhi semua standar yang dimiliki setiap negara anggota NATO? Saya pikir akan demikian. Saya pikir mereka bisa. Tapi itu tidak otomatis,” pungkas Biden.(bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
25o
Kurs