Selasa, 30 April 2024

Jokowi akan Tinjau Smelter Freeport dan Pabrik Foil Tembaga di Gresik

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Presiden Joko Widodo tiba di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Provinsi Jawa Timur, Selasa (20/6/2023). Foto : Antara

Joko Widodo, Presiden Indonesia dijadwalkan akan meninjau pembangunan instalasi pemurnian dan pengolahan (smelter) PT Freeport Indonesia dan pabrik foil tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia di kawasan industri JIIPE, Gresik, Jawa Timur, pada Selasa (20/6/2023).

Joko Widodo, Presiden Indonesia dan Iriana Jokowi, Ibu Negara, telah tiba di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Pada Selasa siang (20/6/2023), setelah melakukan kunjungan kerja ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Melansir Antara, dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta, Selasa, Presiden dan Ibu Iriana di Bandara Internasional Juanda disambut oleh Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, Farid Makruf Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI, Irjen Pol Dr Toni Harmanto Kapolda Jatim, Mia Amiati Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim, dan Heru Prasetyo Komandan Lanudal Juanda Kolonel Laut (P).

Presiden beserta rombongan kemudian melanjutkan perjalanan menuju Kabupaten Gresik dengan menggunakan mobil. Di Kabupaten Gresik, Presiden diagendakan untuk menghadiri peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek pembangunan pabrik foil tembaga PT Hailiang Nova Material Indonesia, yang ada di Kawasan Industri Terintegrasi atau Java Integrated and Ports Estate (JIIPE), Gresik.

Selain itu, Presiden juga akan melakukan peninjauan proyek pembangunan pabrik smelter PT Freeport Indonesia yang juga berada di Kawasan Industri JIIPE.

Usai peninjauan, Presiden dan Ibu Iriana akan kembali ke Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo, untuk bertolak menuju Jakarta.

Pembangunan smelter milik Freeport di Gresik telah mencapai progres 61,5 persen, berdasarkan data Kementerian ESDM per Maret 2023. Progres pembangunan smelter yang telah berjalan di antaranya pembangunan tiang pancang selesai 100 persen dengan total 18 ribu pile, konsentrat beton 60 persen, instalasi struktur baja 28 persen, instalasi baja di area tangki 15 persen, dan pembangunan pelabuhan sudah 98 persen.

Presiden dan Ibu Iriana turut di dampingi dalam penerbangan menuju Jawa Timur, diantaranya adalah Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, Arifin Tasrif Menteri ESDM, Erick Thohir Menteri BUMN , Pramono Anung Sekretaris Kabinet, Hersan Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI, Rafael Granada Baay Komandan Paspampres Mayjen TNI , Bey Machmudin serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden. (ant/dvn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs