Minggu, 3 Maret 2024

Jokowi Presiden RI Terima Kunjungan Kenegaraan Kaisar Jepang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI bersama Naruhito Kaisar Jepang di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (19/6/2023). Foto: tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden

Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Senin (19/6/2023), menerima kunjungan kenegaraan Hironomiya Naruhito Kaisar Jepang bersama Permaisuri Masako, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sekitar pukul 10.00 WIB, mobil yang membawa Kaisar Jepang masuk Istana Bogor. Begitu turun dari mobil, Naruhito langsung disambut Jokowi yang sudah menunggu di halaman depan.

Kemudian, RI 1 mengajak Kaisar Jepang beserta Permaisuri mengisi buku tamu, dan berbincang sejenak di beranda halaman belakang.

Selanjutnya, Presiden RI dan Kaisar Jepang bersama-sama menanam Pohon Gaharu, di area belakang Istana Bogor, sebagai simbol persahabatan kedua negara.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga memberikan Ikan Arwana Super Red kepada Kaisar Naruhito.

Dalam keterangan pers bersama, Presiden RI berharap kunjungan kenegaraan Kaisar Jepang memperkokoh pondasi persahabatan masyarakat Indonesia dan Jepang.

Jokowi juga optimistis pengembangan kemitraan strategis dua negara terutama di bidang ekonomi terus berlanjut.

“Kunjungan Sri Baginda Kaisar bersama Sri Baginda Permaisuri ke Indonesia semakin memperkokoh pondasi persahabatan di antara masyarakat kita. Pondasi kokoh diperlukan bagi pengembangan kemitraan strategis dua negara kita ke depannya terutama di bidang ekonomi,” ucap Jokowi.

Sementara itu, Kaisar Naruhito mengaku sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia, dan mendapat sambutan hangat.

“Saya juga sangat berharap pertukaran antara kaum muda dari kedua negara akan mengarah pada pengembangan lebih lanjut hubungan persahabatan antara kedua negara kita,” katanya.

Sekadar informasi, ini merupakan kunjungan pertama kalinya Naruhito ke Indonesia sesudah resmi menjadi Kaisar Jepang, bulan Mei 2019 lalu.

Indonesia menjadi negara pertama yang didatangi Naruhito dalam rangkaian kunjungan luar negeri.

Rencananya, Kaisar dan Permaisuri Jepang yang tiba hari Sabtu (17/6/2023), akan berada di Indonesia selama enam hari.

Sejumlah agenda Kaisar Jepang di Indonesia antara lain melihat Depo Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta, di daerah Lebak Bulus, Jakarta Selatan, dan Pompa Waduk Pluit, di wilayah Jakarta Utara.

Kemudian, Kaisar Naruhito juga akan berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Di situ, Kaisar Jepang akan mampir ke Balai Teknik Sabo, di Sleman, dan Keraton Yogyakarta.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
29o
Kurs