Selasa, 7 Mei 2024

Jokowi Disebut Sengaja Ubah Rute Agar Tahu Kondisi Riil Jalanan Lampung

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Mobil Joko Widodo Presiden saat terjebak jalan berlubang ketika mengunjungi Provinsi Lampung. Foto: Instagram Jokowi

Joko Widodo Presiden RI disebut sengaja mengubah rute peninjauan ruas jalan di Lampung pada Jumat (5/5/2023) agar mengetahui kondisi riil yang dirasakan masyarakat setempat selama ini.

Bey Machmudin Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden mengonfirmasi, Jokowi memang menolak menggunakan rute terjadwal yang sebelumnya juga sudah diketahui Pemerintah Provinsi Lampung.

“Presiden tidak mau menggunakan jalur yang sudah dijadwalkan, sebab itu kondisinya sudah lebih baik,” kata Bey melalui pesannya kepada awak media, mengutip Antara.

Bey menambahkan bahwa jalur yang disiapkan memang belum sepenuhnya diperbaiki, tapi sudah mengalami perbaikan yang tidak permanen.

Oleh karena itu, Presiden meminta agar peninjauan dilakukan dengan rute melintasi jalan-jalan yang kondisinya belum diperbaiki. “Jadi jalur yang berbeda dari yang dijadwalkan semula,” ungkap Bey.

Menurut Bey, Presiden berharap dengan perubahan rute itu dirinya bisa merasakan langsung seperti apa melewati jalan yang kondisinya rusak di Lampung.

“Sebab masyarakat kan jenis kendaraan-nya beda-beda ya… Mobil, motor, angkot dan lainnya. Supaya bisa merasakan bagaimana yang masyarakat keluhkan,” ujar Bey.

Diketahui Presiden secara tiba-tiba memilih meninjau ruas Jalan Raya Seputih Raman di Kecamatan Seputih Raman, Lampung Tengah, kendati awalnya diagendakan meninjau infrastruktur di Rumbia.

Sebelumnya, diketahui Presiden juga sempat berganti mobil dalam kegiatan peninjauan ruas jalan di Lampung Tengah, setelah ada indikator menyala di mobil yang awalnya ia tumpangi.

Sesudah itu, Presiden melanjutkan kunjungan kerja menggunakan mobil berjenis jip/suv.

Presiden diketahui tengah melakukan kunjungan kerja di Lampung untuk meninjau ruas-ruas jalan yang rusak di provinsi tersebut, yang belakangan viral di media sosial.

Presiden mengatakan bahwa Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan mengambil alih penanganan jalan rusak parah di provinsi, kabupaten, dan kota.

“Jika kondisi keuangan pemerintah daerah tak mampu untuk memperbaiki jalan rusak, maka akan diambil alih Kementerian PUPR untuk perbaikan-nya,” kata Jokowi usai mengunjungi Pasar Natar di Kabupaten Lampung Selatan, Lampung.

Selama peninjauan, Presiden didampingi oleh Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, dan Arinal Djunaidi Gubernur Lampung.(ant/dfn/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
31o
Kurs