Selasa, 28 Mei 2024

Jokowi Presiden Ingatkan Negara-negara di Dunia Bekerja Sama Menghadapi Krisis Air

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden RI menerima Presiden dan Delegasi Dewan Air Dunia, Rabu (15/2/2023), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden, hari ini, Rabu (15/2/2023), menerima Loic Fauchon Presiden Dewan Air Dunia (World Water Council) beserta delegasi dari berbagai negara, di Istana Merdeka, Jakarta.

Dalam pertemuan itu, Jokowi menyampaikan enam isu penting untuk dibahas dalam World Water Forum ke-10, di Bali tahun 2024 mendatang.

Salah satunya, mengenai kebutuhan air untuk kehidupan umat manusia dan lingkungan.

Usai pertemuan, Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan, isu kebutuhan air untuk manusia dan lingkungan menjadi perhatian serius.

Pemerintah Indonesia menilai dunia harus melakukan berbagai langkah bersama dalam menghadapi krisis air.

Jokowi Presiden, kata Basuki, mendorong World Water Forum ke-10 di Bali nanti menghasilkan sejumlah rekomendasi nyata.

“World Water Council dan juga dari National Organizing Committee untuk World Water Forum Ke-10 di Bali tahun 2024 baru saja diterima Bapak Presiden. Pak Jokowi menekankan enam topik yang harus dibahas di dalam World Water Forum nanti, di antaranya adalah kebutuhan air untuk human dan environment,” ujarnya.

Lebih lanjut, Menteri PUPR menyebut tanggal 15-16 Februari, Dewan Gubernur World Water Council sebanyak 56 orang akan mulai melakukan pertemuan.

Agenda awal yang bertempat di Jakarta Convention Center tersebut diperkirakan bakal diikuti lebih dari 1.400 orang peserta.

Sementara itu, Loic Fauchon Presiden Dewan Air Dunia mengapresiasi dukungan Joko Widodo Presiden dan seluruh pemangku kepentingan bidang air di Indonesia.

Dia berharap World Water Forum ke-10 di Bali jadi momentum peningkatan kerja sama pengelolaan air secara global.(rid/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Selasa, 28 Mei 2024
32o
Kurs