Jumat, 3 Mei 2024

Jokowi Presiden Kunjungan Kerja ke Tiongkok untuk Memperkuat Kerja Sama Ekonomi dan Investasi

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden memberikan keterangan sebelum berangkat kunjungan kerja ke RRT, di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kamis (27/7/2023). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara dan delegasi terbatas, pagi hari ini, Kamis (27/7/2023), berangkat menuju Chengdu, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), dalam rangka kunjungan kerja.

Sekitar pukul 08.20 WIB, Presiden beserta rombongan terbatas berangkat dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menumpang Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Dalam keterangannya sebelum lepas landas, Jokowi mengatakan kunjungan kerja kali ini bertepatan dengan 10 tahun kemitraan strategis komprehensif Indonesia dan Tiongkok.

“RRT adalah mitra dagang dan investasi terbesar Indonesia,” ucap Presiden.

Di Chengdu, RI 1 akan melakukan pertemuan dengan Presiden Xi Jinping dan rencananya membahas berbagai agenda prioritas seperti investasi, berbagai proyek strategis, kerja sama perdagangan, bidang kesehatan, serta isu global.

“Sejumlah agenda prioritas akan saya bahas bersama Presiden Xi, baik di bidang investasi maupun berbagai proyek strategis Indonesia dan RRT, juga di bidang perdagangan dan kesehatan, serta isu-isu regional dan global,” ungkapnya.

Kemudian, Jokowi juga akan bertemu dengan sejumlah pemimpin perusahaan Tiongkok yang sudah dan akan melakukan investasi di Indonesia, khususnya di sektor hilirisasi industri, petrokimia, energi baru terbarukan, dan kesehatan.

Agenda selanjutnya, Presiden RI dijadwalkan menghadiri pembukaan Pesta Olahraga Universitas Sedunia (FISU World University Games) untuk memberikan semangat kepada Kontingen Indonesia.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Negara dalam penerbangan menuju RRT antara lain Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. (rid/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
28o
Kurs