Kamis, 18 April 2024

Jokowi Presiden Meramaikan Jalan Sehat Menuju Satu Abad Nahdatul Ulama di Surakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden mengikuti Jalan Sehat Menuju Satu Abad NU, Minggu (22/1/2023), di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden bersama Iriana Ibu Negara, hari ini, Minggu (22/1/2023), secara resmi membuka dan mengikuti kegiatan Jalan Sehat Menyongsong Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU), di Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Dalam sambutannya sebelum memulai jalan sehat, Kepala Negara menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan-kegiatan yang dilakukan NU menjelang usia 100 tahun.

Presiden berharap kegiatan itu bisa meningkatkan kesehatan masyarakat, dan menjadikan Indonesia negara yang kuat.

“Kami harapkan dengan Porseni dan jalan sehat, seluruh Warga Nahdliyin sehat dan juga Warga Negara Indonesia sehat semuanya. Dengan kesehatan negara kita akan kuat,” katanya.

Pada kesempatan itu, Jokowi juga mengucapkan selamat melakukan jalan sehat kepada para peserta dan berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan baik.

“Nanti saya akan ikut dari awal sampai akhir, Insyaallah. Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, jalan sehat dalam rangka Satu abad NU saya berangkatkan,” ucap Presiden di depan Gerbang Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta.

Sementara itu, Yahya Cholil Staquf Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam sambutannya mengajak seluruh Warga NU dan masyarakat Indonesia ikut serta menyongsong satu abad NU.

Menurutnya, kehadiran para pemimpin Indonesia bersama Warga Nahdliyin menambah semangat untuk terus menjaga dan merawat bangsa serta Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Hari ini pemimpin-pemimpin kita hadir. Maka, kita tidak akan pernah jauh, dan akan terus membersamai pemimpin-pemimpin. Merawat Indonesia, menjaga Indonesia, menjaga keselamatan bangsa dan negara, memperjuangkan kemaslahatan bagi masa depan bangsa dan negara,” ucapnya.

Dia optimistis Indonesia akan meraih cita-cita sebagai bangsa serta negara yang maju, berdaulat, dan rakyatnya sejahtera.

Insyaallah dengan barokah dari para pendiri Nahdlatul Ulama, barokah dari riyadoh, para ulama selama 100 tahun, Insyaallah kita akan menjemput masa depan yang lebih mulia,” tandasnya.

Sekadar informasi, Presiden dan Ibu Negara mengikuti kegiatan jalan sehat dengan jarak tempuh sekitar 3,4 km.

Jan Ethes cucu pertama Jokowi pun mengikuti kegiatan tersebut bersama Gibran Rakabuming Raka Wali Kota Surakarta ayahnya, dan Selvi Ananda ibunya.

Turut hadir mengikuti jalan sehat, antara lain Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, Puan Maharani Ketua DPR RI, Mahfud Md Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Erick Thohir Menteri BUMN, Zainuddin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga, dan Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM.

Kemudian, ada Abdullah Azwar Anas Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri, Ganjar Pranowo Gubernur Jawa Tengah, dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Mangkunegara X.(rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
28o
Kurs