Jumat, 29 Maret 2024

Jokowi Presiden RI Ingatkan Pentingnya Menjaga Soliditas ASEAN

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan

Joko Widodo Presiden RI, hari ini, Jumat (3/2/2023), menerima kunjungan kehormatan Kao Kim Hourn Sekjen ASEAN dan menteri luar negeri negara-negara ASEAN, di Istana Merdeka, Jakarta.

Kunjungan itu mengawali rangkaian pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN di bawah Keketuaan Indonesia.

Usai pertemuan, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengungkapkan ada dua hal krusial yang disampaikan Presiden RI kepada Sekjen dan menteri urusan luar negeri negara-negara ASEAN.

“Yang pertama, Bapak Presiden mengingatkan pentingnya sentralitas dan kesatuan ASEAN. ASEAN juga tidak boleh jadi proxy siapa pun,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (3/2/2023).

Kemudian, Presiden RI mendorong penghormatan pada prinsip-prinsip demokrasi, hukum internasional, dan hak asasi manusia yang tercantum dalam Piagam ASEAN.

Terkait konflik sosial politik di Myanmar, Jokowi mengatakan Five-Point of Consensus harus menjadi pedoman utama ASEAN untuk mengatasi persoalan itu.

Hal penting kedua yang disampaikan Jokowi Presiden, ASEAN harus menjadi pusat pertumbuhan ekonomi (epicentrum of growth), di tengah gelapnya proyeksi ekonomi dunia.

Lalu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga mengajak seluruh negara Anggota ASEAN menjaga stabilitas perdamaian di kawasan.(rid/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs