Senin, 22 Juli 2024

KAI Daop 8 Surabaya Pastikan Jalur KA Prima Sambut Lebaran 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi. Foto: Humas KAI Daop 8 Surabaya

PT Kereta Api Indonesia Persero Daerah Operasi (PT KAI/Perseo Daop) 8 Surabaya, memastikan jalur kereta api di wilayah operasinya dalam kondisi baik dan prima menjelang Lebaran 2023 M atau Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah.

Luqman Arif Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, Rabu (12/4/2023), mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan inspeksi secara menyeluruh, baik kereta maupun sarana dan prasarana stasiun untuk menyambut perayaan Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Satu bulan sebelumnya, kami telah melakukan inspeksi menggunakan kereta lori. Wilayah KAI Daop 8 ini mencakup 12 kota/kabupaten,” kata Luqman Arif seperti dikutip Antara.

Dia menjelaskan inspeksi tersebut dilakukan pada jalur kereta api sepanjang 500 kilometer, mulai dari Kabupaten Bojonegoro hingga Kabupaten Blitar, di wilayah operasi Daop 8 Surabaya. Termasuk, 52 stasiun yang tersebar di berbagai wilayah.

Menurutnya, inspeksi tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur, sarana dan prasarana di stasiun yang ada menjelang arus mudik Lebaran 2023. Sejauh ini, seluruh jalur dan stasiun yang ada di wilayah Daop 8 dalam kondisi siap menyambut Idul Fitri 1444 Hijriah.

“Jalur sepanjang 500 kilometer dan 52 stasiun kami periksa, untuk mempersiapkan kelancaran selama angkutan Lebaran 2023. Kondisinya dalam keadaan siap,” ujarnya.

Ia menambahkan, terkait dengan pengamanan perjalanan kereta khususnya pada perlintasan sebidang tanpa palang pintu, KAI Daop 8 telah melalukan koordinasi dengan pemerintah daerah setempat yang memiliki kewenangan.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, terkait keamanan perjalanan kereta api. Karena sesuai aturan, kewenangan ada di pemerintah setempat,” jelasnya. (ant/bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Senin, 22 Juli 2024
31o
Kurs