Senin, 29 April 2024

Kapal Pesiar Ukuran Jumbo Sandar di Pelabuhan Benoa Bali

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Cruise Celebrity Solstice yang mengangkut 2776 penumpang dan 1168 kru dari luar negeri, bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali pada Senin (30/10/2023) pagi. Foto: Pelindo

Kapal pesiar jumbo dengan ukuran 317 meter dan lebar 37 Meter bersandar di Pelabuhan Benoa, Pulau Bali. Kapal pesiar dengan nama Cruise Celebrity Solstice itu membawa 2.776 penumpang dan 1.168 kru dari luar negeri.

Celebrity Solstice bersandar di Pelabuhan Benoa, Bali pada Senin (30/10/2023) pagi waktu setempat. Dengan bobot 121.878 gross tonnage (GT), Celebrity Solstice menjadi kapal paling besar yang pernah singgah di Pelabuhan Benoa.

Jodi Mahardi Deputi Bidang Koordinasi Kedaulatan Maritim dan Energi Kemenko Marves menyebut, kedatangan kapal ini menjadi momentum Indonesia menunjukkan potensi dan kemampuan sebagai home port pariwisata dunia.

“Kita melihat ini menjadi sebuah peluang setelah kita berhasil mendatangkan dan menyandarkan kapal cruise berukuran besar,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net.

“Tinggal ke depan kami akan perkuat konektivitas kepelabuhan yang ada di barat dan timur agar penyebaran wisatawan bisa semakin merata,” imbuhnya.

Celebrity Solstice sendiri rencananya akan sandar selama dua hari di Pelabuhan Benoa. Untuk menyambut kedatangan kapal ini, Pelindo menyediakan gangway khusus sepanjang 46 meter guna mempermudah proses debarkasi dan embarkasi penumpang.

“Dermaga kami juga cukup panjang, total 500 meter, sehingga mampu untuk melayani sandar cruise ukuran jumbo,” kata Prasetyo Direktur Strategi Pelindo.

Kedatangan kapal ini menambah jumlah kedatangan kapal di Pelabuhan Benoa menjadi 50 kapal pada 2023 dengan total penumpang mencapai 74.461 orang.

Pelindo memprediksi kunjungan kapal pesiar di Pelabuhan Benoa akan terus bertambah pasa 2024 mendatang dengan capaian 52 kapal dan penumpang hingga 89.400 orang. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs