Rabu, 24 April 2024

Kapolri: Pelaksanaan Tahun Baru 2023 di Indonesia Berjalan Aman dan Kondusif

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri). Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo Kapolri mengatakan, situasi pelaksanaan perayaan malam Tahun Baru 2023 di seluruh Indonesia berjalan aman dan kondusif.

“Pantauan terkini situasi menjelang pelaksanaan tutup tahun, memasuki awal tahun baru, secara umum tadi dilaporkan dari wilayah Indonesia bagian Barat, Timur dan Tengah secara umum baik,” kata Sigit saat memantau pengamanan perayaan pergantian tahun secara virtual di Mako Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (31/12/2022) malam.

Tapi, Jenderal Sigit mengatakan ada beberapa wilayah yang menjadi pengecualian antara lain Sulawesi Selatan yang baru saja mengalami musibah tanah longsor. Sehingga, tugas pengamanan di wilayah Sulawesi Selatan difokuskan pada tugas pencarian dan penyelamatan.

Wilayah Papua juga secara umum dilaporkan terkendali, walau sempat terjadi peristiwa serangan kelompok kriminal bersenjata (KKB).

“Semuanya bisa diatasi. Malam ini dilaporkan semuanya terkendali. Kami harapkan perayaan malam Tahun Baru di Papua dan sekitarnya bisa berjalan lancar. Sehingga, masyarakat bisa tutup tahun dengan baik,” ucapnya, seperti dikutip Antara.

Dia pun menyampaikan harapan supaya tahun 2023 bisa membawa kebaikan bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“Saya mengucapkan selamat Tahun Baru kepada masyarakat. Semoga kita bisa melawati tahun ini dengan baik dan penuh dengan harapan, penuh dengan kesuksesan dan tentunya kebaikan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Laksamana Yudo Margono Panglima TNI menyebut cuaca di seluruh Indonesia terpantau cerah dan kondusif. Meski demikian, seluruh personel TNI yang bertugas tetap diminta siaga mengantisipasi situasi darurat.

“Hampir semua wilayah khususnya di laut terjadi gelombang tinggi. Sehingga, tadi kami sampaikan kepada jajaran supaya tetap siaga, siaga SAR, siaga tanggap darurat, untuk mengantisipasi segala sesuatu yang terjadi,” kata Yudo.

Jajaran TNI, lanjutnya, akan terus menyiagakan personel untuk mendukung pelaksanaan Operasi Lilin 2022.

“Sampai selesainya Operasi Lilin, saya sampaikan seluruh jajaran, khususnya TNI supaya tetap BKO dan mem-backup tugas pengamanan ini,” tandasnya.(ant/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
27o
Kurs