Jumat, 29 Maret 2024

Kemenag: Calon Haji Batal Berangkat Saat Pandemi di Trenggalek Jadi Prioritas

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Agus Prayitno Kasi Haji dan Umroh Kemenag Trenggalek. Foto: Antara

Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur (Jatim) memastikan semua calon jemaah haji yang masuk kuota pemberangkatan pada 2022 namun batal berangkat karena pandemi Covid-19, akan mendapat prioritas pada musim haji tahun ini.

“Ada 50 calhaj (calon haji) yang batal berangkat tahun lalu karena (pandemi) Covid-19. Otomatis pada musim haji ini mereka mendapat prioritas pertama,” kata Agus Prayitno Kepala Seksi Haji dan Umroh Kemenag Trenggalek, di Trenggalek, Kamis (2/3/2023).

Melansir dari Antara, disebutkan kuota haji Kabupaten Trenggalek tahun 2023 sebanyak 526 orang. Jumlah itu, jika tidak terjadi perubahan, meningkat hampir 2,5 kali dibanding kuota tahun lalu yang diberi jatah 192 orang.

“Tetapi kuota sebanyak 526 orang itu juga bukan angka pasti. Sebab terdapat sebanyak 11 calon haji yang menunda keberangkatannya dengan alasan tertentu,” ujarnya.

Karenanya, lanjut Agus, pihaknya telah melaporkan ke Kemenag Jatim agar kuotanya digantikan oleh calon haji lainnya.

Untuk itu, Kemenag Trenggalek bakal menginformasikan kembali terkait kesiapan pemberangkatan masing-masing calon haji.

Jika belum siap, Agus menyatakan bahwa Kemenag Jatim bakal mencarikan nomor urut selanjutnya.

“Kalau untuk masalah pelunasan hingga menunda berangkat saya pastikan tidak ada. Kesiapannya lebih pada kesehatan dan kondisi keluarga. Kondisi keluarga yang dimaksud, misalnya seperti tidak adanya pendamping yang berangkat dari pihak keluarga sehingga memilih untuk menunda agar bisa berangkat bareng keluarga,” ujarnya.

Sebelumnya, kuota haji sangat terbatas dengan syarat ketat sehingga hanya calon haji kriteria tertentu yang bisa melaksanakan ibadah haji di waktu itu.

“Ini untuk batasan usia tidak ada. Justru tahun ini kuota lansia yang sebelumnya satu persen naik di angka 5 persen. Kemudian pada tahun 2023 CJH (Calon Jemaah Haji) Trenggalek 50 persen masuk usia lansia,” katanya.(ant/abd/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs