Senin, 29 April 2024

Kemenag dan Garuda Indonesia Teken Kontrak Kerja Sama Terkait Angkutan Jemaah Haji

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Hilman Latief Dirjen PHU dan Irfan Setiaputra Dirut PT Garuda Indonesia usai penandatanganan kerja sama penerbangan jamaah haji Indonesia. Foto: Antara

Kementerian Agama (Kemenag) bersama PT Garuda Indonesia menandatangani kontrak kerja sama terkait angkutan udara jemaah haji reguler Indonesia 2023.

Penandatanganan perjanjian dilakukan Hilman Latief Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag dengan Irfan Setiaputra Direktur Utama PT Garuda Indonesia di kantor pusat Kementerian Agama.

“Garuda Indonesia tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan mengangkut jemaah haji reguler ke Arab Saudi hingga kembali lagi ke Tanah Air,” ujar Hilman, Kamis (27/4/2023).

Hilman mengatakan, total ada 104.172 orang tergabung dalam 287 kelompok terbang yang berangkat menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Seratusan ribu orang itu adalah jemaah yang berasal dari sembilan, yaitu Aceh, Medan, Padang, Jakarta-Pondok Gede, Solo, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Lombok.

Hilman meminta Garuda Indonesia memberikan pelayanan terbaik terlebih dalam penyelenggaraan haji tahun ini, terdapat sekitar 30 persen jemaah yang sudah berusia 65 tahun ke atas.

Ia meminta ada layanan prioritas kepada jemaah lansia dan disabilitas, baik saat naik pesawat, selama berada di dalam pesawat, turun dari pesawat, hingga keluar dari bandara.

“Kami meminta untuk petugas darat dan udara PT Garuda Indonesia Tbk tahun ini dapat lebih ramah dan responsif dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji Indonesia. Layani mereka bagaikan melayani orang tua kita sendiri,” katanya.

Sementara itu, Irfan Setiaputra Direktur Utama PT Garuda Indonesia mengatakan bahwa pihaknya selama ini menjadi mitra Kemenag dalam memberangkatkan dan memulangkan jemaah haji Indonesia.

Ia mengatakan sebelum penandatangan kerja sama ini, kedua pihak telah melakukan serangkaian pembahasan intensif, termasuk negosiasi harga dan pembahasan draf perjanjian kerja sama.

“Terima kasih atas kepercayaan kepada kami. Tahun ini kami menyiapkan 14 armada yang terdiri dari Boeing 777 dan Airbus 300 untuk mengangkut jemaah haji reguler Indonesia dari tanah air ke Arab Saudi dan kembali lagi ke Tanah Air,” tutur Irfan.(ant/abd/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs